HeadlineOpiniPendidikanPolitik

Pengamat Sebut Nadiem Makarim Menteri Paling Layak Direshuffle

BIMATA.ID, Jakarta – Direktur Eksekutif Nurjaman Center Indonesia Demokrasi (NCID), Jajat Nurjaman menilai, aneh rasanya jika Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo alias Jokowi masih mempertahankan Nadiem Makarim sebagai bagian dari Menteri Kabinet Indonesia Maju.

Pasalnya, selama ini kinerja Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI tidak ada yang menonjol. Bahkan, dirinya hanya menimbulkan kegaduhan dan kerap mendapatkan reaksi negatif dimata masyarakat.

“Pendidikan adalah fondasi utama bagi sebuah bangsa. Untuk itu, sepatutnya Presiden bisa menempatkan orang yang ahli di bidangnya. Jangan hanya kedekatan utang budi politik, lantas Presiden mengenyampingkan esensi pentingnya dunia pendidikan,” ujar Jajat, dalam keterangan tertulis, Rabu (21/04/2021).

Dia menuturkan, selama masa pandemi Covid-19, tidak ada terobosan nyata yang dilakukan Mendikbud RI. Jika Nadiem Makarim hanya mampu mengeluarkan kebijakan quota gratis, maka tidak ubahnya kinerja seorang Menteri seperti manager pemasaran di perusahaan baru.

“Reshuffle kali ini adalah momentum tepat bagi Presiden untuk memperbaiki salah urus dunia pendidikan. Oleh karenanya, demi masa depan dunia pendidikan yang lebih baik, tidak ada lagi alasan bagi Presiden untuk segera mencopot Nadiem dari jabatan Menteri,” tutur Jajat.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close