BeritaBuah HatiIbu & AyahKesehatanRegional

Syafia, Balita Asal Klaten yang Idap Kanker Langka di Sekujur Tubuh

BIMATA.ID, Solo – Seorang balita perempuan bernama Syafia Annasya Putri (2) asal Desa Dalangan, Kabupaten Klaten menderita kanker yang menyerang seluruh tubuhnya. Kanker yang dideritanya merupakan salah satu penyakit langka bernama Langerhans Cell Histiocytosis (LCH).

Jenis kanker ini menyerang berbagai organ yang ada di sekujur tubuh mulai dari kulit, tulang, kelenjar getah bening, limpa dan juga hati. Penyakit yang diderita anak dari pasangan Suprapto dan Yanti Endah Sari itu diketahui sejak setahun yang lalu.

“Muncul bintik merah kecoklatan di tubuh,” katanya, Kamis (25/03/2021).

Saat diperiksa, dokter juga mendapati adanya benjolan pada tulang.

Dokter telah melakukan operasi untuk membersihkan benjolan pada tulang itu. Namun, usai operasi malah terjadi pembengkakan di kelenjar leher dan perut yang membesar.

Atas kejadian itu, Yanti dan suami membawa anaknya kesalah satu rumah sakit yang ada di klaten untuk menjalani pemerikasaan CT Scan dan ultrasonografi (USG).

Hasil pemeriksaan tersebut menyatakan bahwa terjadi pembekakan juga pada organ limpa dan hati. Syafia dirujuk ke Rumah Sakit dr Moewardi Solo untuk menjalani pemeriksaan biopsi dan melakukan observasi selama 26 hari.

Dokter mendiagnosa bahwa Syafia menderita kanker histiocytosis yang tergolong penyakit langka dan ganas. Dokter menyarankan agar balita itu menjalani kemoterapi hingga 8 kali, sedangkan saat ini baru menjalani 5 kali kemoterapi.

Dengan kondisi ni Syafia tidak bisa beraktifitas seperti balita lainnya. Dia tidak bisa bangun dari tidurnya tanpa bantuan dan juga tidak bisa berjalan.

 

 

YA

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close