InternasionalHeadline

Bagi Yamaha, Peran Valentino Rossi Tetap Penting

BIMATA.ID, Jakarta- Direktur Balap Yamaha, Lin Jarvis kembali menegaskan bahwa Valentino Rossi tetap menjadi sosok penting bagi timnya di MotoGP . Status itu tidak berubah meski pembalap asal Italia itu kini terdepak ke tim satelit Yamaha.

Rossi terpaksa turun kasta di MotoGP 2021. Dia harus membela tim satelit Yamaha, yakni Petronas Yamaha SRT, setelah tempatnya di tim pabrikan direbut Fabio Quartararo.

Pindahnya Rossi ke tim satelit membuat romansa kebersamaannya dengan Monster Energy Yamaha yang sudah berlangsung selama 15 tahun harus terhenti. Meski demikian, Jarvis memastikan kepindahan The Doctor tidak akan menyebabkan peran pentingnya untuk Yamaha menjadi hilang.

“Memang benar bahwa bagian dari pengembangan dipimpin oleh tim pabrikan. Namun, Valentino Rossi adalah faktor yang sangat penting dalam pengumpulan data,” jelas Jarvis, sebagaimana dikutip dari Speedweek.

Bahkan, Jarvis siap membuktikannya dengan terus memberi perhatian lebih kepada Rossi. Faktanya, veteran berusia 42 tahun dipastikan bakal mendapatkan perlakuan khusus bak seorang pembalap tim pabrikan.

Nantinya, Rossi akan tetap dilibatkan dalam pengembangan motor balap Yamaha di musim ini. Artinya, Yamaha tak hanya akan mengandalkan dua pembalap tim pabrikannya, yakni Quartararo dan Maverick Vinales.

“Sangat penting untuk memiliki banyak pembalap di lintasan dan tidak diragukan lagi bahwa teknisi kami akan menggunakan data dari Fabio Quartararo, Maverick Vinales, dan Valentino sebagai dasar untuk meningkatkan motor,” lanjutnya.

Mantan pembalap Honda dan Ducati itu pun sudah mulai menjalani tugasnya di tes pramusim MotoGP 2021. Sayangnya, dalam agenda tersebut Rossi masih belum mampu berbicara banyak alias terseok-seok.

“Tapi kami juga akan mendapatkan informasi menarik dari Franky (Morbidelli) tentang motor A-Spec. Itulah mengapa tidak banyak yang berubah di sana, tidak akan ada defisit dan cara kami mengembangkan motor tidak akan berubah,” tukas Jarvis.

FID

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close