KesehatanBeritaNasional

Tekan Penyebaran Virus Corona, Jusuf Kalla: Pemerintah Harus Vaksin 1 Juta Orang Per Hari

BIMATA.ID, Jakarta- Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla meminta pemerintah untuk meningkatkan jumlah pemberian vaksin Covid-19. Dalam acara Aksi 1048 Donor Nasional Terapi Plasma Konvalesen BUMN di Kantor Pusat Pertamina Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Senin (08/02/2021).

JK menyebut, untuk menekan angka penyebaran virus corona di tanah air, pemerintah diharapkan dapat memberikan vaksin ke 1 juta orang dalam satu hari. Menurut Kalla upaya ini harus dilakukan untuk menurunkan tren penambahan kasus positif Covid-19 yang hari ini rata-rata mencapai angka 12.000 per harinya.

“Salah satu caranya untuk mencegah itu semua adalah masyarakat harus lebih disiplin lagi dan dan vaksinasi harus lebih digalakkan lagi, untuk bisa membuat grafik 12.000 per hari ini tidak naik lagi kemudian turun adalah dengan cara memvaksinasi 1 juta orang per hari”,” kata JK.

Jika angka positif corona tidak menurun, hingga April mendatang jumlah angka positif Covid-19 bisa mencapai 2 juta orang.

“Pada akhir April atau dalam tempo 3 bulan jumlah rakyat Indonesia yang terpapar Covid-19 bisa mencapai 2 juta orang. Adapun konsekuensi dari jumlah tersebut adalah rumah sakit akan kewalahan dalam menangani pasien,” lanjut Kalla.

Kalla juga berharap masyarakat penyintas Covid-19 dapat mendonasikan plasma konvalesennya untuk membantu PMI memenuhi permintaan setiap hari. Sebab saat ini, PMI hanya bisa memenuhi 40 permintaan kantong plasma konvalesen dari rata-rata 200 permintaan setiap harinya.

“Untuk itu kita harapkan kesediaan para penyintas Covid-19 yang memenuhi syarat untuk mau mendonasikan plasmanya. Setiap orang penyintas cukup meluangkan waktunya 40 menit mendonasikan darahnya dan itu bisa menyelamatkan 2 nyawa,” harap Kalla.

(Bagus)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close