Berita

3 Pelaku Pemalsuan Hasil Swab PCR Diringkus Polisi

BIMATA.ID, Jakarta — Tiga orang diduga pelaku pemalsuan surat tes usap (swab test) polymerase chain reaction (PCR) yang dipasarkan secara daring melalui media sosial berhasil diringkus tim penyidik Polda Metro Jaya.

“Modusnya membuat memalsukan data atas nama PT. BF, untuk kemudian bisa lolos berangkat ke Bali dengan memalsukan bukti tes usap (swab),” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Jumat (8/1/2021).

Ketika pelaku pemalsuan tersebut diamankan di tiga lokasi yang berbeda, tersangka MFA ditangkap di Bandung, Jawa Barat, sementara EAD dan MAIS masing-masing ditangkap di Bekasi dan Bali.

Yusri menjelaskan terkuaknya kasus pemalsuan surat tes usap tersebut berawal dari unggahan media sosial tersangka MFA.

Unggahan soal surat tes usap palsu tersebut sempat menjadi viral dan menjadi bahan pembicaraan warganet, yang salah satunya adalah dr. Tirta Mandira Hudhi.

Pembicaraan warganet soal surat tes usap PCR palsu tersebut kemudian sampai ke PT. Bumame Farmasi (BF) selaku penyelenggara tes usap PCR resmi yang namanya dicatut dalam surat tersebut. Pihak kuasa hukum PT. Bumame Farma pun melaporkan perkara pemalsuan tersebut ke Polda Metro Jaya.

“Ini di akun Instagram inisial MFA yang kemudian diketahui dr Tirta, yang kemudian sampai ke PT. BF yang melapor ke Polda Metro Jaya,” ujar Yusri.

Akibat perbuatannya ketiganya kini dijerat dengan Pasal 32 jo Pasal 48 UU No.19/2016 dan atau Pasal 35 jo Pasal 51 ayat (1) UU No.19/2016 tentang ITE, dan atau Pasal 263 KUHP, dengan pidana penjara paling lama 12 tahun penjara.

[oz]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close