BeritaPolitik

Fadli Zon: Saya Termasuk Yang Mengusulkan Pak Prabowo Menjadi Menhan

BIMATA.ID, Jakarta – Wakil Ketua Dewan Pembina (Wanbin) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Fadli Zon mengatakan, bahwa dirinyalah yang mengusulkan nama Prabowo Subianto menjadi Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia (RI) dalam Kabinet Indonesia Maju.

Hal itu terjadi ketika Partai Gerindra memutuskan untuk bergabung dalam koalisi Pemerintah Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin usai Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

“Saya termasuk yang mengusulkan Pak Prabowo menjadi Menhan. Bahkan yang pertama saya mengusulkan waktu itu,” katanya, dalam bincang-bincang bersama politisi Partai Gelora, Fahri Hamzah dan Karni Ilyas, Minggu (22/11/2020).

Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI ini menguraikan, saat itu pilihannya hanya ada dua, yakni menjadi oposisi atau koalisi. Akhirnya, Partai Gerindra memutuskan untuk masuk ke dalam koalisi Pemerintahan Jokowi-Maruf. Sebab, Prabowo tidak ingin terjadi perpecahan yang semakin dalam.

“Saya katakan kepada Pak Prabowo, oposisi sangat bagus saya bilang untuk modal politik 2024. Tapi kalau koalisi ya kita melihat situasi pada waktu itu dan Pak Prabowo juga tidak ingin ada perpecahan yang semakin dalam,” urainya.

Kemudian Legislator daerah pemilihan (Dapil) Provinsi Jawa Barat (Jabar) V ini menyampaikan, awalnya Prabowo ingin menunjuk ahli-ahli di berbagai bidang untuk dijadikan kandidat yang akan duduk di Kabinet Indonesia Maju.

Namun, mantan Wakil Ketua DPR RI ini mendorong agar Prabowo yang duduk di kursi Menteri dalam Kabinet Pemerintahan Jokowi-Maruf. Adapun Kursi Menteri yang tepat untuk Prabowo adalah Menhan RI.

“Yang saya tahu itu, beliau sudah mau nunjuk ahli-ahli lah di berbagai bidang yang dijadikan semacam kandidat Menteri. Tetapi kemudian yang saya sampaikan kepada Pak Prabowo, satu-satunya posisi yang paling pas itu adalah Menteri Pertahanan,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Partai Gerindra memperoleh dua kursi Menteri dalam Kabinet di Pemerintahan Jokowi-Maruf. Dua Menteri tersebut adalah Prabowo sebagai Menhan RI dan Edhy Prabowo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) RI.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close