Nasional

Darmawan Junaidi Resmi Jabat Dirut Bank Mandiri

BIMATA.ID, JAKARTA – Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) memutuskan mengangkat Darmawan Junaidi sebagai Direktur Utama atau Dirut Bank Mandiri.

Darmawan menggantikan, Royke Tumilaar yang ditunjuk Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menjadi Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI).

“Baru dilaksanakan RUPSLB pemegang saham memutuskan Darmawan Junaidi jadi Dirut BMRI menggantikan Royke yang ditugaskan di BNI,” kata Rully Setiawan, Corporate Secretary BMRI, usai RUPSLB, Rabu (21/10/2020).

Darmawan sebelumnya merupakan Direktur Treasury Bank Mandiri sejak Agustus 2017. Karirnya di Bank Mandiri lebih banyak di Bidang Treasury, sejak merger Bank Mandiri pada tahun 1999 hingga mendapat penugasan sebagai Group Head Treasury Bank Mandiri pada 2016.

Di bidang Distribution, pernah bertugas sebagai Regional CEO Bali & Nusa Tenggara Bank Mandiri pada 2015.

Saat ini mengawal beberapa group strategis yang berada dalam supervisinya, hingga berhasil memberikan kontribusi hingga 18 persen dari revenue Bank Mandiri pada 2019.

Pada RUPS Bank Mandiri Desember 2019, kembali ditunjuk sebagai Direktur Treasury, International Banking, & Special Asset Management, yang juga bertanggung jawab atas keberhasilan upaya loan recovery, legal, dan penyediaan solusi transaction banking wholesale segment.

Selain di Bank Mandiri, pada tahun 2016 hingga 2017 sempat mendapat tugas sebagai Direktur Keuangan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR).

Sempat menjabat sebagai Plt. Direktur Utama di Perusahaan yang sama periode Mei-Agustus 2017. Jabatan Komisaris Utama PT Semen Kupang Indonesia pernah juga dipercayakan sejak November 2016 hingga Agustus 2017.

Darmawan menyelesaikan pendidikan di Bidang Hukum Perdata, Universitas Sriwijaya pada 1990. Skill dan knowledge selama berkarir terutama mengasah perspektif menjadi lebih tajam mengenai kekuatan eksekusi yang baik dari strategi Perusahaan, terus dikembangkan.

Ia mengikuti beberapa Executive Training di antaranya, Strategic Key Account Management oleh Marcus Evans Professional Training, Orchestrating Winning Performance oleh Institute Management Development (IMD), dan Developing Strategy for Value Creation dari London School of Business.

Selain itu, leadership dan solid team development skills juga ditingkatkan melalui Executive Training High Performance Leadership dari The University of Chicago Booth School of Business dan Leading into the Future: Managing in a Changing World dari Kellogg School of Management, Northwestern University, Chicago, sebagai bentuk awareness untuk berkontribusi secara jangka panjang bagi Perusahaan.

Karir panjang itulah yang membawa Darmawan Junaidi akhirnya resmi ditunjuk sebagai Dirut Bank Mandiri yang baru.

ozie

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close