BeritaNasionalPolitik

DPR Dukung Rencana Gubernur DKI Terkait Jalur Sepeda Di Tol

BIMATA.ID, Jakarta – Anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Mulyadi, mendukung rencana Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan memberi jalur bagi pesepeda di jalan tol.

Menurut Mulyadi, tidak masalah selama pengelola tol mengizinkan dan aturan pesepeda diikuti.

“Saya kira, selama prosedur di tempuh dan operator selaku pemilik jalan tol memberikan izin, malah harusnya di apresiasi,” tuturnya, Jumat (28/8/2020).

Kemudian Mulyadi menambahkan, dengan dibuka jalur pesepeda di tol, maka bisa mengurangi beban jalan yang dipadati mobil dan polusi udara juga berkurang.

“Disamping memfasilitasi warga untuk olahraga, bagus juga untuk memberikan jeda beban jalan yang setiap hari dipadati mobil, disamping meningkatkan udara bersih di Jakarta,” tambahnya.

Mulyadi menyampaikan, diterjemahkan sebagai pendekatan bisnis dari pemilik tol dengan memberikan kontribusi dan manfaat kepada sosial juga lingkungan.

“Ini bisa diterjemahkan sebagai CSR (Corporate Social Responsbility) perusahaan pada masyarakat pengguna, non pengguna serta lingkungan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengajukan surat ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Dalam surat tersebut, Pemprov DKI memohon penggunaan satu ruas jalan tol dalam kota (Cawang-Tanjung Priok) untuk dimanfaatkan sebagai jalur sepeda khusus di hari Minggu pagi.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, membenarkan pengajuan surat tersebut. Salah satu alasannya setelah melihat tingginya antusiasme masyarakat dalam bersepeda.

“Pengguna sepeda di kawasan jalur sepeda, sementara di Sudirman sampai Merdeka Barat sangat tinggi. Dan oleh sebab itu, kami dari Pak Gubernur mengusulkan kepada Pak Menteri PUPR untuk disiapkan satu ruas tol,” ucapnya, di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (26/8/2020).

[MBN]
Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close