BeritaHeadlineNasionalPolitik

Bamsoet: Sidang Tahunan MPR Adalah Wahana Menumbuhkan Demokrasi Untuk Menjamin Hak-Hak Konstitusional Warga Negara

BIMATA.ID, Jakarta – Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia (RI) menggelar Sidang Tahunan pada Jumat (14/8/2020). Berbeda dari sidang-sidang sebelumnya, sidang tahunan kali ini digelar bersamaan dengan Sidang Bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, serta turut diisi oleh pidato kenegaraan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) untuk menyampaikan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) Tahun 2021.

Sidang dibuka oleh Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) di Gedung Nusantara II DPR RI. Dalam kesempatan ini, Bamsoet menekankan pentingnya sidang tahunan MPR RI untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat melalui laporan kinerja pelaksanaan wewenang dan tugas konstitusional masing-masing lembaga negara sebagaimana yang diamanatkan Undang-Undang Dasar (UUD) RI Tahun 1945.

Menurut Bamsoet, sidang menjadi sarana bagi lembaga-lembaga negara, menjadi forum untuk menegakkan kedaulatan rakyat, dan membangun komunikasi.

“Sidang tahunan MPR juga menjadi wahana menumbuhkan demokrasi yang menjamin hak-hak konstitusional warga negara dan masyarakat untuk mendapatkan informasi tentang pelaksanaan tugas lembaga lembaga negara sesuai amanat konstitusi,” tuturnya, Jumat (14/8/2020).

Dengan begitu, sidang tahunan menjadi ruang dalam melakukan evaluasi dan refleksi bagi masyarakat atas pelaksanaan UUD RI Tahun 1945, implementasi prinsip checks and balances, guna mewujudkan mekanisme kontrol dan keseimbangan dalam sistem ketatanegaraan Indonesia.

“Konvensi ketatanegaraan yang secara konstitusional diatur dalam Pasal 151 ayat (2) Peraturan MPR RI Nomor 1 Tahun 2019 Tentang Tata Tertib MPR, bukanlah agenda seremonial belaka,” ucapnya.

Setelah dibuka Bamsoet, Ketua DPR RI, Puan Maharani kemudian menyampaikan pidato pengantar Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI. Disusul pidato kenegaraan Presiden RI, Jokowi dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-75.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close