BeritaBisnisEkonomiOpiniPertanian

Petani Milenial Pematang Sikek Manfaatkan Teknologi

BIMATA.ID, JAKARTA- Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengapresiasi langkah para petani Pematang Sikek. Menurutnya, masa depan pertanian Indonesia ada di pundak generasi milenial.

“Generasi milenial akan menjadi penentu kemajuan pertanian nasional. Masa depan pertanian ada di pundak mereka. Sebab milenial mempunyai inovasi dan gagasan kreatif yang akan bermanfaat bagi kelangsungan pertanian. Dengan memanfaatkan teknologi, dunia dalam genggaman anak-anak muda,” katanya.

Apresiasi juga disampaikan Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Sarwo Edhy. Menurutnya, generasi milenial adalah sosok yang tepat untuk memaksimalkan inovasi teknologi dan mekanisasi pertanian.

“Generasi milenial bidang pertanian saat ini tak hanya sekedar bertani, tetapi juga cerdas berwirausaha tani dengan memanfaatkan teknologi. KIta berharap alsintan yang ada bisa dimanfaatkan generasi milenial untuk meningkatkan produktivitas pertanian Tanah Air,” tuturnya.

Budidaya tanaman padi sawah merupakan sektor unggulan petani. Untuk meningkatkan produksi panen, para petani di Pematang Sikek memaksimalkan teknologi kekinian salah satunya penggunaan sarana alsintan rice transplanter atau mesin tanam padi.

“Di era Pertanian 4.0, petani harus mampu menerapkan pertanian yang modern dan tangguh serta berdaya saing. Dan petani di Pematang Sikek sudah mengarah ke arah itu,” ujar Sarwo Edhy.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close