4 Sehat 5 SempurnaJiwa & RagaKesehatanTips & Trick

Manfaat Jeruk Lemon Ini Minim Orang Tahu, Terungkap Tips Rahasia Mengolahnya

BIMATA.ID, Health- Jeruk lemon merupakan salah satu buah-buahan yang banyak dijadikan sebagai bahan untuk minuman. Jeruk yang satu ini memiliki berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan. Hebatnya lagi, anda juga bisa menggunakan jeruk lemon untuk menyehatkan rambut sekaligus membuat kulit tampak lebih cantik.

Ada banyak nutrisi sehat yang bisa ditemukan dalam jeruk lemon seperti folat, magnesium, potasium, zat besi, fosfor, niasin, vitamin A, vitamin C dan vitamin E.

Pengolahan jeruk lemon, anda bisa membuatnya menjadi minuman hangat atau bisa juga dicampur dengan es untuk menambah kesegaran dari minuman sehat yang satu ini. Anda juga bisa mencampurkannya ke dalam bahan makanan hingga dibuat menjadi masker untuk kecantikan.

Manfaat Jeruk Lemon Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Ada banyak sekali manfaat jeruk lemon bagi kesehatan tubuh, wajah hingga rambut diantaranya:

  1. Mengatasi Jerawat

Manfaat jeruk lemon yang pertama adalah bagus untuk mengatasi jerawat. Jeruk yang satu ini bisa diiris menjadi beberapa bagian lalu gunakan untuk menggosok wajah di bagian yang timbul jerawatnya. Diamkan selama kurang lebih 10 menit lalu bilas dengan air dingin. Ulangi selama beberapa hari agar jerawat bisa segera hilang.

 

  1. Mencegah Kanker

Mampu mencegah kanker. Dalam lemon terkandung 22 senyawa anti kanker seperti halnya limonin yang dikenal ampuh dalam memperlambat pertumbuhan tumor kanker. Ada pula kandungan flavonoid glikosida yang bagus untuk menghentikan pembelahan dari sel kanker.

 

  1. Mengandung Sifat Anti Bakteri

Kehebatan lain yang terkandung dalam buah jeruk lemon adalah memiliki kandungan yang bersifat anti bakteri. Kandungan ini bagus untuk mematikan bakteri serta virus dengan sifat asamnya. Anda bisa mengkonsumsi jeruk lemon saat sedang sakit tenggorokan ataupun sakit perut. Sifat anti bakteri akan membunuh virus dan bakteri penyebab penyakit tersebut.

 

  1. Meremajakan Kulit

Manfaat yang selanjutnya adalah untuk meremajakan kulit. Anda bisa menggunakan lemon untuk mencegah kemunculan tanda-tanda penuaan seperti halnya keriput, garis halus dan tanda penuaan dini lainnya

 

  1. Meningkatkan Produksi Sel Darah Putih

Jeruk lemon mengandung vitamin C yang cukup tinggi di dalamnya. Kandungan ini bagus dalam meningkatkan produksi sel darah putih yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh agar tetap menjalankan fungsinya dengan baik. Buah yang satu ini juga mampu melindungi sel dari terjadinya kerusakan oksitatif.

 

  1. Mengatasi Terjadinya Gangguan Pencernaan

Jeruk lemon bagus untuk mengatasi terjadinya gangguan pencernaan dan juga sembelit. Anda bisa mengonsumsi jenis jeruk sehat yang satu ini untuk membuat pencernaan menjadi lebih lancar hingga menghindarkan anda dari sakit perut.

 

  1. Menghindari Masalah Tekanan Darah

Konsumsi buah jeruk lemon secara teratur mampu mengurangi masalah tekanan darah seperti mual, pusing dan lain-lain. Buah yang satu ini juga bagus untuk menenangkan bagi tubuh serta untuk mengurangi depresi.

 

  1. Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang memiliki berat badan berlebih, bisa mengkonsumsi jeruk lemon sebagai solusinya. Konsumsi lemon yang mengandung pektin membuat perut terasa lebih kenyang sekaligus bagus untuk menghidrasi tubuh.

 

  1. Mengatasi Kemunculan Stretch Marks

Untuk mengatasi kemunculan stretch marks. Stretch marks merupakan guratan dengan warna putih yang terkadang juga berwarna agak kemerahan yang muncul di beberapa bagian tubuh. Gejala ini bisa diatasi dengan menggunakan buah jeruk lemon.

Sifat asam dari buah lemon dapat meringankan kulit serta mengelupas sel kulit yang telah mati dan memproduksi kulit baru yang lebih sehat.

 

  1. Mengatasi Komedo

Manfaat yang selanjutnya adalah untuk membantu anda terbebas dari gangguan komedo. Lemon mengandung sitrat yang bagus untuk mengurangi produksi minyak berlebih yang menyebabkan kemunculan komedo hitam dan komedo putih.

 

Tips Mengonsumsi Air Lemon Agar Nutrisinya Maksimal

 

Agar mendapatkan nutrisi yang maksimal dalam mengkonsumsi air lemon, anda bisa lakukan beberapa tips sebagai berikut:

 

  1. Konsumsi di Pagi Hari

Tips mendapatkan nutrisi yang maksimal saat mengkonsumsi air jeruk lemon yaitu dengan meminumnya saat pagi hari. Tubuh biasanya mengalami dehidrasi saat bangun tidur di kala pagi. Saat itu, tubuh kehilangan banyak cairan melalui pernapasan. Untuk mengembalikan cairan yang hilang saat tidur malam maka anda bisa mengonsumsi air lemon di pagi harinya.

 

  1. Seduh Menggunakan Air Hangat

Cara menyeduh air jeruk lemon dengan air hangat. Hal ini dikarenakan, temperatur yang ideal untuk bisa mengekstraksi kandungan vitamin c dalam buah ini adalah air hangat. Jangan menggunakan air panas lantaran tidak direkomendasikan.

Menurut WHO, cairan panas bisa menyebabkan terjadinya kanker. Akan lebih baik jika anda selalu menyiapkan air hangat di saat pagi untuk membuat minuman sehat dari jeruk lemon yang satu ini.

 

  1. Beberapa Orang Tidak Disarankan Mengkonsumsi Lemon Setiap Harinya

Jeruk lemon memiliki kandungan vitamin yang cukup tinggi di dalamnya. Kandungan tersebut berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga membentuk kolagen. Kolagen sendiri bagus dalam memperbaiki jaringan kulit serta persendian tulang. Sayangnya, konsumsi air lemon setiap hari ternyata bisa membuat enamel gigi menipis.

anda juga harus tahu jika ada beberapa orang yang tidak boleh mengonsumsi air lemon setiap harinya. Konsumsi air lemon harus dibatasi bagi mereka yang memiliki kadar besi tinggi dalam darah. Air lemon dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk melakukan penyerapan pada zat besi. Air lemon memang menyehatkan. Namun anda tidak boleh mengkonsumsinya secara berlebihan agar tidak menimbulkan dampak negatif seperti gangguan pada fungsi pencernaan.

 

Cara Mengolah Buah Lemon untuk Dikonsumsi

Air jeruk lemon memiliki banyak manfaat dengan ragam nutrisi yang terkandung di dalamnya. Dengan demikian, anda harus mengolahnya dengan cara yang benar agar nutrisi bisa terserap secara sempurna ke dalam tubuh.

Cara merendam jeruk lemon sebaiknya dilakukan berikut dengan kulitnya. Anda bisa mengiris lemon agak tipis agar senyawa flavonoidnya semakin tinggi. Dengan begitu, pastikan jika anda mencucinya hingga bersih terlebih dahulu. Anda juga bisa menggosok permukaan kulit lemon untuk menghilangkan bakteri yang berbahaya.

Untuk pengirisan jeruk lemon, anda bisa menahan kedua ujung lemon agar irisannya tampak lebih sempurna. Hal ini dilakukan agar cairan lemon tidak terpercik.

Untuk mengurangi rasa asam yang dihasilkan oleh jeruk lemon, anda bisa menambahkan madu ke dalam minuman anda. Madu dapat mengurangi rasa asam dari lemon dan membuat minuman anda terasa lebih segar dan manis.

 

Sumber: regopantes.com

Editor: DN

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close