Energi

Tingkatkan Ketahanan Dan Kemandirian Energi Indonesia

BIMATA.ID, JAKARTA- Wakil Menteri Luar Negeri (Kemenlu) Mahendra Siregar menegaskan kembali pentingnya kerangka kerja kebijakan yang komprehensif dalam upaya mempromosikan dan mendukung produksi bioenergi, baik di tingkat lokal maupun nasional.

“Tentang bio energi, tentu masing-masing pihak memiliki target yang penting untuk dicapai. Indonesia sendiri tentu memiliki target yang jelas untuk meningkatkan penggunaan dari bio energi,” ujar Mahendra Siregar.

Kerja sama seperti antara Indonesia dan Swedia merupakan contoh penting dalam menggali potensi bioenergi dan dalam merancang kebijakan untuk mempromosikan implementasi bioenergi berkelanjutan.

“Dilihat dari kacamata keberadaan sumber yang ada di kita maupun dari segi energy security untuk ketahanan energi, belakang ini yang tentu kita harus lebih seimbangkan dengan lebih baik lagi untuk mencapai target kedepannya,” Katanya.

pentingnya melihat Sustainable development goals (SDGs) sebagai proses yang komprehensif dan agar tidak hanya mengadopsi pandangan pick-and-choose demi mencapai kepentingan pihak tertentu saja. Indonesia berkomitmen untuk mencapai target dari standar kebutuhan yang objektif di bawah lingkup PBB.

“Jadi tidak hanya memilih satu dua target, tapi menerapkanya seperti target global. Tidak seperti yang dilakukan dalam kebijakan Uni Eropa yang petunjuk pelaksanaannya menurut kami tidak tepat, karena tidak menggunakan parameter yang menyeluruh, komprehensif dan objektif dan diakui internasional,” ujarnya.

 

 

Sumber : tribunnews[dot]com
Editor :ZBP

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close