Energi

Program ESDM Untuk Kejar Target Migas Nasional

BIMATA.ID, JAKARTA- Kementerian ESDM mendorong program pengembangan atau Plan of Development (PoD) potensi lapangan minyak dan gas bumi (migas) di Indonesia dengan harapan mempercepat target produksi minyak bumi nasional 1 juta barel per hari.

Arifin Tasrif selaku Menteri ESDM menyebut, program tersebut perlu dilakukan mengingat Indonesia diketahui memiliki potensi 128 cekungan eksisting yang masih perlu dieksplorasi.

Indonesia masih memiliki area potensial untuk dieksplorasi namun belum dipetakan dan dikembangkan dengan baik. Di antaranya stratigraphic traps, fracture basement, gas biogenik dan migas non konvensional yang memiliki sumber daya prospektif sangat besar, yakni sekitar 302,83 Billion Barel Oil (BBO) dan 1.528,54 triliun cubic feet (TCF).

“Perlu ada upaya eksplorasi baik pada lapangan lama maupun daerah baru yang masih segar dengan menerapkan metode, teknologi, dan konsep baru guna mempercepat produksi minyak,” terang Arifin.

Arifin juga meminta dilakukan pemutakhiran data-data migas agar lebih bisa memberikan gambaran potensi migas yang jelas kepada investor. Upaya reaktivasi dan evaluasi sumur-sumur minyak tua yang sudah tidak berproduksi juga mesti dilakukan dengan optimal.

“Segera evaluasi dan reaktivasi kurang lebih 13.000 sumur yang masih underperformed untuk dapat kembali diproduksikan,” Kata dia.

 

Sumber :kontan.co[dot]id
Editor :ZBP

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close