BeritaKesehatanNasional

Hadapi Virus Corona, Pemerintah Indonesia Siapkan 100 RS Rujukan

BIMATA.ID, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, Pemerintah RI sudah menyiapkan 100 rumah sakit (RS) rujukan dalam menghadapi Virus Corona (Covid-19) di Indonesia. Hal ini disampaikan Presiden Jokowi di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/3/2020).

RS rujukan itu telah memiliki ruang isolasi berstandar internasional untuk mengantisipasi paparan Covid-19.

“Perlu saya sampaikan, sejak awal Pemerintah benar-benar mempersiapkan rumah sakit rujukan (untuk menangani pasien virus corona). Persiapannya ada 100 rumah sakit dengan ruang isolasi yang baik,” ungkap Presiden Jokowi, dikutip dari liputan6[dot]com.

Adapun daftar 100 RS rujukan tersebut berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI sebagai berikut:

Provinsi DI Aceh ada RSU Dr Zainoel Abidin Banda Aceh dan RSU Cut Meutia Lhokseumawe. Provinsi Sumatera Utara ada RSU H Adam Malik Medan, RSU Kabanjahe, RSU Pematang Siantar, RSU Tarutung, dan RSU Padang Sidempuan. Provinsi Sumatera Barat ada RSU Dr M Jamil Padang dan RSU Dr Achmad Mochtar. Provinsi Riau ada RSU Arifin Ahmad Pekanbaru, RSU Kabupaten Karimun, RSU Puri Husada, RSU Dumai, dan RSU Tanjung Pinang. Provinsi Kepulauan Riau ada RS Otorita Batam.

Provinsi Jambi ada RSU Raden Mattaher Jambi. Provinsi Sumatera Selatan ada RSU Dr M Hoesin Palembang, RSU Lubuk Linggau, RSU Kayu Agung, dan RSU Kabupaten Lahat. Provinsi Bangka Belitung ada RSU Tanjung Pandan dan RSU Pangkal Pinang. Provinsi Bengkulu ada RSU Dr M Yunus Bengkulu, RSU Arga Makmur, dan RSU Manna. Provinsi Lampung ada RSU Abdul Moeloek, RSU Kalianda, RSU Mayjend HM Ryacudu, dan RSU Ahmad Yani.

Provinsi Banten ada RSU Serang dan RSU Tangerang. Provinsi DKI Jakarta ada RSPI Dr Sulianti Saroso, RSU Persahabatan, dan RSPAD Gatot Subroto. Provinsi Jawa Barat ada RSU Dr Hasan Sadikin Bandung, RSU Dr Slamet Garut, RSU Gunung Jati Cirebon, RSTP Dr H A Rotinsulu Bandung, RSU R Syamsudin SH Sukabumi, RSU Indramayu, dan RSU Subang.

Provinsi Jawa Tengah ada RSU Dr Kariadi Semarang, RSU Dr H Soewondo, RSU Dr Moewardi, RSU Banyumas, RSU Kudus, RSU Dr H RM Soeselo W, RSU Pekalongan, RSU Tidar, RSU Prof Dr Margono Soekarjo, dan RSU Dr Suraji Tirtonegoro. Provinsi DI Yogyakarta ada RSU Dr Sardjito dan RSU Panembahan Senopati Bantul. Provinsi Jawa Timur ada RSU Dr Soetomo, RSU Dr Saiful Anwar, RSU Dr Soebandi, RS Dr R Koesma Tuban, RS Dr S Djatikoesoemo, RS Pare, RS Blambangan, dan RS Dr Soedono.

Provinsi Bali ada RSU Sanglah, RSU Tabanan, dan RSU Sajiwani Gianyar. Provinsi Nusa Tenggara Barat ada RSU Mataram, RSU Raba, RSU Dr R Sudjono, dan RSU Praya. Provinsi Nusa Tenggara Timur ada RSU Prof Dr WZ Johanes dan RSU Dr TC Hillers.

Provinsi Kalimantan Barat ada RSU Dr Sudarso, RSU Dr Abdul Aziz, dan RSU Sintang. Provinsi Kalimantan Tengah ada RSU Dr Doris Sylvianus dan RSU Dr Murjani Sampit. Provinsi Kalimantan Selatan ada RSU Ulin dan RSU H Boejasin Pelaihari. Provinsi Kalimantan Timur ada RSU Tarakan, RSU Dr Kanujoso Djatiwibowo, RSU H A Wahab Sjahranie, RSU Kota Bontang, RSU Panglima Sebaya, dan RSU Tanjung Selor.

Provinsi Sulawesi Utara ada RSU Prof Dr RD Kandou dan RSU Dr Sam Ratulangi. Provinsi Gorontalo ada RSU Prof Dr H Aloei Saboe. Provinsi Sulawesi Tengah ada RSU Undata, RSU Luwuk, RS Mokopido Toli-Toli, dan RSU Kolonedale. Provinsi Sulawesi Selatan ada RSU Dr Wahidin Sudirohusodo, RSU Andi Makkasau, RSU Lakipadada Tana Toraja, RS Islam Faisal, RS Akademis Jaury, dan RS Sinjai. Provinsi Sulawesi Tenggara ada RSU Kendari.

Provinsi Maluku ada RSU Dr M Haulussy Ambon. Provinsi Maluku Utara ada RSU Chasan Basoeri Ternate. Provinsi Papua ada RSU Jayapura.

Editor: MBN

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close