Bimata

Gejala Awal Penyakit Ginjal Ini Yang Perlu Anda Ketahui

Ginjal merupakan salah satu organ penting bagi tubuh manusia. Kerusakan dan penurunan fungsi ginjal dapat menimbulkan berbagai masalah, bahkan dapat menimbulkan komplikasi. Penting untuk mengenali gejala awal penyakit ginjal, agar tidak terlambat dalam menanganinya.

Fungsi ginjal yaitu menyaring darah yang mengalir dari seluruh tubuh. Dari penyaringan ini, ginjal akan memisahkan racun, mengatur keseimbangan elektrolit, dan mengontrol keseimbangan cairan dalam tubuh. Darah yang disaring kemudian akan keluar dari tubuh dalam bentuk urine. Mengingat fungsinya yang sangat penting, kesehatan ginjal harus selalu dijaga agar tidak mengalami kerusakan.

Gejala Awal Ini Perlu Diwaspadai

Gejala awal penyakit ginjal terkadang tidak benar-benar disadari atau tidak muncul, hingga pada akhirnya fungsi utama ginjal mulai menurun. Penurunan fungsi ginjal biasanya ditandai dengan gejala seperti:

Jika terjadi pada anak-anak, biasanya gejala awal penyakit ginjal meliputi sering mengantuk, nafsu makan berkurang, pertumbuhan lambat dan mudah merasa lelah. Gejala sakit ginjal pada wanita dan pria pun umumnya sama dan tidak jauh berbeda.

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Sebelum ginjal anda mengalami gangguan atau mengalami kerusakan yang semakin memburuk, harus terus menjaga kesehatan ginjal. Lakukan beberapa cara menjaga kesehatan ginjal  seperti berikut ini:

Tidak ada bagian tubuh kita yang tidak penting untuk dijaga kesehatannya, termasuk juga dengan ginjal. Jadi usahakan untuk selalu menjaga kesehatan organ ini dengan baik. Kenali juga gejala awal penyakit ginjal di atas agar jika ternyata anda memiliki penyakit ginjal, anda bisa mengatasinya sedini mungkin.

 

Sumber : alodokter
Editor: DN

Exit mobile version