HeadlineKesehatan

Keistimewaan Air Putih, Ini 5 Khasiat Hebatnya!

BIMATA.ID, Jakarta- Air adalah sumber kehidupan. Makhluk hidup, tak terkecuali manusia, tidak akan bisa hidup tanpa air. Sebagai manusia, Anda dapat menjalani kehidupan ini ketika ketersediaan air mencukupi.

Air putih termasuk minuman yang biasa Anda konsumsi ini dapat menghilangkan rasa haus dan dahaga. Minum air putih dengan takaran yang sesuai juga bisa menyehatkan badan. Bukan hanya menjaga kesehatan organ ginjal, namun ragam kesehatan yang lainnya pun bisa Anda dapatkan.

Ingat, konsumsi air putih yang baik itu yang sesuai takaran. Sebab, bila Anda kekurangan air putih atau justru mengkonsumsinya terlalu banyak, malah berdampak buruk.

Begitu besar khasiatnya air putih ini, jangan sampai Anda lewatkan, apalagi disepelekan. Berikut ini lima khasiat hebat mengkonsumsi air putih:

1. Menjaga dan menyeimbangkan cairan dalam tubuh

Proses pencernaan, sirkulasi, penyerapan nutrisi, hingga menjaga suhu tubuh memerlukan asupan cairan tubuh yang cukup. Sebab tubuh manusia itu 60 persennya terdiri dari cairan, bahwa manfaat air putih yang dikonsumsi sebelum tidur dapat mengurangi dehidrasi dan melancarkan proses regenerasi sel baru.

2. Menyehatkan kulit

Air putih yang dikonsumsi setelah bangun tidur dapat menyehatkan kulit tubuh manusia. Kulit berfungsi sebagai pelindung agar tubuh tidak terlalu banyak keluar cairan. Oleh sebab itu, kulit banyak mengandung air. Hal itu bisa dibuktikan saat Anda berolahraga kemudian berkeringat.

Oleh karenanya, kulit tubuh Anda jangan sampai kekurangan cairan. Bila itu terjadi, maka kulit akan terlihat kusam, kering dan keriput.

3. Menjaga tekanan darah

Mengonsumsi air putih secara seimbang juga dapat membantu menstabilkan tekanan darah. Tubuh yang kekurangan air putih akan membuat darah jadi mengental. Hal itu berdampak pada tensi darah Anda menjadi tambah naik atau jadi hipertensi.

4. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat yang satu ini juga tidak kalah hebat khasiatnya. Yakni, air putih dapat membantu menurunkan berat badan yang berlebih. Ketika Anda rutin minum air putih, tentu sesuai takaran, maka metabolisme menjadi lancar. Kalori yang terbakar pun semakin banyak.

5. Meningkatkan fungsi otak

Mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh Anda dapat membantu kinerja fungsi otak. Bila konsumsi air putih ini berkurang, maka Anda jadi sulit konsentrasi, menganggu kondisi mood, serta dapat menimbulkan rasa sakit di kepala.

Berkhasiat bukan air putih itu? Selain lima manfaat hebat di atas air putih juga bisa mencegah terjadinya batu ginjal, membantu sistem pernafasan, menyehatkan rongga mulut dan meningkatkan stamina.

Adapun kebutuhan cairan berbeda antara laki-laki dan perempuan. Laki-laki membutuhkan 3,7 liter cairan setiap harinya. Sementara itu, tubuh perempuan memerlukan 2,7 liter cairan setiap harinya.

Demikian manfaat dan khasiat air putih yang bisa penulis rangkum. Anda dapat mulai membiasakan diri mengkonsumsi air putih dengan rutin dan baik agar kebaikannya pun bisa diperoleh. Semoga bermanfaat.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close