BeritaKesehatan

Khasiat Air Putih Untuk Kesehatan Tubuh Sangat Banyak, Apa Saja?

BIMATA.ID, Jakarta- Manfaat air putih bagi kesehatan tubuh Anda sangat banyak. Jika tak terpenuhi, beberapa fungsi tubuh akan mengalami gangguan dan tidak bisa bekerja secara maksimal. Berikut ini kegunaan air untuk tubuh yang perlu Anda ketahui.

Mengatur Suhu Tubuh

Saat melakukan aktivitas fisik atau berada di lingkungan yang panas, tubuh akan mengeluarkan keringat untuk menyeimbangkan suhu tubuh. Namun, jika Anda tak memenuhi kebutuhan air, suhu tubuh Anda bisa meningkat.

Healthline (healthline.com) menyebutkan bahwa hal itu disebabkan oleh elektrolit dan plasma yang hilang saat tubuh dehidrasi. Jika tubuh Anda mengeluarkan keringat yang lebih banyak dari seharusnya, usahakan untuk mengonsumsi banyak air putih agar Anda terhindar dari dehidrasi.

Mengeluarkan Zat Sisa

Tak hanya dikeluarkan dalam bentuk keringat, air dalam tubuh juga digunakan saat Anda buang air besar dan buang air kecil. Kegiatan tersebut berguna untuk mengeluarkan zat sisa agar tak menumpuk dalam tubuh.

Organ yang berfungsi untuk menyaring zat sisa adalah ginjal. Dengan minum air putih yang cukup, fungsi ginjal bisa lebih maksimal untuk mengeluarkan zat sisa. Dengan begitu, batu ginjal dan jenis penyakit ginjal lainnya bisa Anda hindari.

Mencegah Sembelit

Manfaat air putih lanjutnya untuk kesehatan tubuh adalah mencegah sembelit. Fungsi tersebut bisa lebih maksimal jika Anda mengonsumsi sumber makanan kaya serat dan magnesium setiap hari. Jika Anda sedang mengalami sembelit, cobalah minum air putih lebih banyak sehingga buang air besar lebih lancar.

Memperlancar Aliran Oksigen

Healhtline menyebutkan bahwa distribusi oksigen dalam tubuh bisa semakin lancar saat Anda minum air putih yang cukup. Air berguna untuk membawa oksigen dan nutrisi penting lainnya ke seluruh tubuh. Dengan begitu, kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan juga akan meningkat.

Alih-alih mengonsumsi makanan atau minuman manis, lebih baik Anda mencukupi kebutuhan air Anda setiap hari. Manfaat air putih berguna untuk menurunkan berat Anda. Hal itu bisa Anda maksimalkan dengan olahraga secara rutin agar berat badan bisa turun dengan cepat.

Mencerahkan Kulit

Kulit yang terlihat kusam tentunya mengganggu penampilan, kan? Nah, Anda bisa mengatasinya dengan minum banyak air putih sehingga produksi kolagen meningkat. Namun, Anda tetap perlu memerhatikan cara perawatan lainnya agar kulit bisa terlihat lebih cerah.

FID

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close