Fakta Dunia

Siapakah Wanita Pertama Yang Lulus Dari Sekolah Kedokteran Gigi?

Yup! Dia adalah Lucy Hobbs Taylor, Warga Negara Amerika yang juga guru sekolah. Dia dikenal karena menjadi wanita pertama yang lulus dari sekolah kedokteran gigi ( Ohio College of Dental Surgery pada tahun 1866). Ohio College of Dental Surgery dibuka pada tahun 1845 di Cincinnati, Ohio, menjadi perguruan tinggi gigi pertama di dunia. Perguruan tinggi itu berafiliasi dengan Universitas Cincinnati pada tahun 1887, tetapi ditutup pada tahun 1926.

Lucy awalnya ditolak masuk ke Eclectic Medical College di Cincinnati, Ohio karena jenis kelaminnya. Tapi dengan itu juga menjadikan seorang profesor di perguruan tinggi setuju untuk mengajarinya dan mendorongnya untuk berlatih kedokteran gigi. Dan akhirnya ia mendaftar ke sekolah kedokteran gigi lagi, kali ini Ohio College of Dentistry. Sayangnya, dia sekali lagi ditolak masuk karena jenis kelaminnya. Tapi dari sana jugalah seorang lulusan perguruan tinggi setuju untuk mengajarinya, memungkinkannya untuk melanjutkan studinya ke arah kedokteran gigi.

Pada tahun 1861, ia memutuskan untuk membuka praktek sendiri alih-alih mencoba masuk ke perguruan tinggi sekali lagi. Setelah satu tahun, Lucy Hobbs Taylor pindah ke Iowa dan membuka praktik kedokteran gigi. Ini memungkinkannya untuk diterima sebagai dokter gigi tanpa ijazah dan menjadi bagian dari Iowa State Dental Society. Menjadi bagian dari masyarakat ini berarti bahwa ia juga melayani sebagai delegasi kelompok untuk Konvensi Dental Dental Associate, hanya 3 tahun setelah pindah ke Iowa.

Dengan kebetulan besar, pada tahun yang sama (1865) Ohio College of Dentistry memutuskan untuk mengesampingkan kebijakan yang melarang perempuan diterima di institusi tersebut. Seketika, Taylor mendaftar sebagai siswa senior berkat pengalaman kedokteran giginya yang telah dia kumpulkan selama bertahun-tahun. Dia lulus pada 1866, menjadi wanita pertama di dunia yang lulus dari perguruan tinggi kedokteran gigi, dan menerima gelar doktor dalam bidang kedokteran gigi. Hebat kan, Guys?

 

Sumber : Wikipedia

Editor: A.KS

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close