NasionalPertanian

Mentan SYL Bakal Tingkatkan Kualitas SDM Petani

JAKARTA-Pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) termasuk petani yang ada di Indonesia. Jika Kualita SDM meningkat, maka otomatis akan meningkat juga Ekonomi dan kesejahteraan Negara.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo dalam rapat kerja yang digelar Komite II DPD RI menjelaskan bahwa saat ini Kementan tengah fokus merealisasikan berbagai program kerja untuk meningkatkan sumber daya manusia dan kesejahteraan petani.

“Sekarang kita sudah memiliki program Petani Masuk Sekolah (PMS) yang insyaallah akan kita terapkan di semua sekolah. Jadi, nantinya setelah lulus mereka sudah memiliki modal untuk usaha bertani. Kesejahteraan mereka pun pasti terjamin,” ujar Syahrul.

Kementan juga sudah merealisasikan sebagian program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang didistribusikan melalui kerjasama dengan pemerintah daerah. Program ini merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan jalanya usaha tani dan kesejahteraan petani.

“kami sudah membentuk barisan Komando Strategi Pembangunan Pertanian (Kostratani) dengan program Gerakan Tiga Kali Ekspor (Geratieks) sebagai ujung tombak ekonomi nasional. Kemudian kami untuk memperkuat hal tersebut kami membuat Agriculture War Room (AWR). Kami siap menggunakan Anggaran Kementan untuk kepentingan masyarakat, terutama untuk menaikan produksi pertanian kita,” papar Syahrul.

Editor ZBP

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close