NasionalPolitik

Herigunawan Angkat Bicara Sikapi Penghentian Perjalanan Umroh Karena Corona

SUKABUMI —  Anggota DPR RI Fraksi Gerindra Heri Gunawan, mengaku menghormati keputusan Arab Saudi yang menghentikan sementara pemberangkatan umroh. keputusan tersebut sebagai upaya untuk melindungi rakyatnya dari paparan virus Corona.

“Kebijakan tersebut tentunya, sudah melalui kajian secara mendalam untuk kebaikan semua pihak, baik bagi negara Arab Saudi maupun bagi negara-negara asal jamaah umroh,” ungkap Heri Gunawan kepada jurnalsukabumi.com

Menurut Heri sapaan akrab politisi Gerindra ini bahwa, Indonesia sebagai negara muslim terbesar jamaah umrohnya, dan hingga kini belum ada laporan terpapar corona nampaknya patut menjadi pertimbangan untuk diijinkan kembali.

“Tentunya pemerintah akan dan sedang melakukan koordinasi dengan otoritas Arab Saudi, agar kesempatan untuk melakukan umroh dapat dibuka kembali untuk waktu yang tidak terlalu lama,” jelasnya.

Ditambahkan Ketua DPP Partai Gerindra Heri Gunawan, terkait masalah virus corona, Partai Gerindra telah meminta kepada pemerintah Khususnya Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) agar Indonesia dapat mengantisipasi penyebaran virus Corona secara dini di Indonesia.

“Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) diminta untuk membentuk Desk Corona yang merupakan tim khusus untuk mencegah penyebaran virus Corona di Indonesia,” tegasnya.

Kemendagri seharusnya membentuk “Desk Corona”. Desk tersebut dibentuk Kemendagri untuk melakukan koordinasi kepada pemerintah kabupaten/kota dan provinsi diseluruh Indonesia, untuk melakukan pemantauan dan pendataan di daerahnya masing-masing, guna menumbuhkan kepercayaan penanganan dari dalam maupun luar negeri.

“Semoga ketersediaan waktu sampai Maret 2020 dapat dipastikan dan digunakan oleh pemerintah, pihak travel maupun jamaah untuk lebih matang mempersiapkan diri, terutama mempersiapkan kebugaran tubuh para jamaah, agar niat ibadah dapat dijalani dengan baik dan optimal,” pungkasnya.

Laporan : rilis
Editor Usman

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close