BeritaHeadlinePolitik

Megawati Minta PDIP Bangun Monumen Kudatuli

BIMATA.ID, Jakarta – Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri, meminta partainya segera membangun monumen untuk memperingati peristiwa kerusuhan 27 Juli 1996 atau peristiwa Kudatuli.

Pesan Megawati itu disampaikan kepada Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP, Hasto Kristiyanto, yang melaporkan acara tabur bunga peringatan Kudatuli pada hari ini.

“Tadi pagi saya melaporkan kepada Ibu Megawati Soekarnoputri terhadap acara tabur bunga ini, beliau juga mengingatkan bahwa penting bagi kita di tempat ini untuk membangun Monumen 27 Juli,” katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (27/07/2021).

Hasto mengatakan, PDIP akan segera meminta berbagai masukan agar Monumen 27 Juli bisa diwujudkan.

Ia menyebut, monumen tersebut sekaligus untuk menunjukkan gelora semangat demokrasi dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat yang tidak pernah bisa dibungkam oleh kekuasaan otoriter.

“Dan dengan adanya monumen itu, kita juga mengingatkan agar hal tersebut tidak boleh terjadi kembali,” tandasnya.

Kemudian Hasto menambahkan, PDIP mendoakan agar perjuangan para korban peristiwa Kudatuli tidak sia-sia. Sebab, perjuangan mereka untuk demokrasi berhasil menumbangkan kekuasaan Soeharto.

“Kita doakan bahwa pengorbanan mereka tidak sia-sia, karena kekuatan demokrasi dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat itu terbukti mampu menumbangkan kekuasaan otoriter Soeharto,” sambungnya.

Hasto juga mengingatkan, agar seluruh anggota dan kader PDIP untuk terus mengingat peristiwa penting itu dalam sejarah partai. Ia meminta kader merenungi peristiwa tersebut sekaligus menyadari bahwa kekuasaan politik berasal dari rakyat.

“Karena itulah PDI Perjuangan terus menyatu dengan rakyat, mengambil keputusan politik berdasarkan kehendak rakyat, bukan kehendak elite. Pendeknya, jati diri partai berasal dari rakyat sendiri, khususnya wong cilik,” ujarnya.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close