Politik

Survei Poltracking: Elektabilitas Prabowo-Gibran di Jatim Capai 60,1 Persen, Tren Terus Naik

BIMATA.ID, Jakarta – Elektabilitas pasangan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Jawa Timur mencapai 60,1% dengan tren yang terus naik.

Hal itu terungkap dari hasil survei terbaru Poltracking Indonesia yang diliris pada Selasa (6/2/2024).

Berdasarkan survei yang digelar selama 25-31 Januari tersebut, Prabowo-Gibran mengungguli dua paslon lainnya yaitu Ganjar-Mahfud serta Anies-Muhaimin yang masing-masing memperoleh 17.2% dan 14.9% suara

“Tren pergerakan elektoral Prabowo Subianto di Jawa Timur konsisten mengalami kenaikan sejak Juni 2023,” tulis Poltracking dalam rilisnya.

Kenaikan signifikan terjadi dari rentang September 2023 ke Januari 2024 (19.5%), di mana dalam rentang tersebut Prabowo Subianto dipastikan berpasangan dengan Gibran Rakabuming Raka.

Survei itu juga mengungkap tren elektabilitas paslon Anies-Muhaimin cenderung stabil sementara paslon 3 Ganjar-Mahfud mengalami penurunan.

Kekuatan elektabilitas paslon Koalisi Indonesia Maju (KIM) tersebar pada pemilih di wilayah Arek, Mataraman, Tapal Kuda dan Pantura.

Sementara, pemilih Madura kompetitif antara Anies-Muhaimin dan Prabowo-Gibran.

Poltracking Indonesia menggelar surveinya di 11 Daerah Pemilihan (Dapil) DPR RI Jawa Timur terhadap 8 ribu responden.

Metode survei berupa stratified multistage random sampling dengan margin of error +/- 1,1 persen pada tingkat kepercayaan 95%.

Pengambilan sampel pada setiap dapil memperhatikan keterwakilan seluruh kecamatan yang ada di dapil tersebut dengan tetap mempertimbangkan proporsi DPT di setiap kabupaten/kota.

[HW]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close