BeritaNasionalPolitik

Anies Baswedan : RI Butuh Generasi Baru untuk Kejar Ilmu Alutsista

BIMATA.ID JAKARTA Capres Anies Baswedan menanggapi pertanyaan dari Capres Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo terkait isu pertahanan dan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) Indonesia.

Lebih lanjut Anies mengatakan, bidang pertahanan Indonesia perlu memanfaatkan sumber daya lokal, termasuk sumber daya manusianya.

“Pemanfaatan atau sumber daya lokal itu penting perlu kita teruskan dan kita perlu memanfaatkan juga, memastikan bahwa tenaga-tenaga dalam negeri dalam bidang pertahanan diinvestasikan secara serius,” kata Anies dalam Debat Capres Ketiga 2024 yang digelar hari ini, Minggu (07/01/2024) di Istora Senayan, Jakarta.

“Pembahasan mengenai investasi sumber daya manusia adalah kunci. Kita perlu kirimkan lebih banyak lagi generasi baru untuk ilmu-ilmu alutsista, sehingga penyelenggaraan alutsista domestik bisa berkembang ke depannya. Itu satu hal dalam jangka panjang,” tutur Anies.

Di sisi lain, Anies juga membahas pentingnya sistem belanja alutsusta di Indonesia yang tidak melibatkan perusahaan-perusahaan bermasalah, salah satunya terkait korupsi.

“Yang tak kalah penting memastikan bahwa belanja alutsista itu bersih, tidak melibatkan korporasi-korporasi yang punya masalah korupsi. Dengan begitu maka, bukan hanya anggarannya efisien, tetapi juga tidak bocor dalam belanja alutisista,” jelasnya.

Hari ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat antara Capres Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo di Istora Senayan, Jakarta, sejak pukul 19.00 WIB. Debat kali ini fokus membahas isu seputar pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik global.

(W2)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close