HeadlineBeritaInternasionalUmum

Presiden Jokowi Sambut Kunjungan Kenegaraan Presiden Nguyễn Xuân Phúc

BIMATA.ID BOGOR Presiden Joko Widodo menyambut kunjungan kenegaraan Presiden Republik Sosialis Vietnam Nguyễn Xuân Phúc, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Kamis, 22 Desember 2022. Tiba sekitar pukul 10.00 WIB, kedatangan Presiden Vietnam turut diiringi oleh pasukan Nusantara, pasukan berkuda, dan korps musik Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Setibanya di halaman Istana Kepresidenan Bogor, Presiden Jokowi langsung menyambut kedatangan Presiden Nguyễn Xuân Phúc. Prosesi penyambutan kemudian dilanjutkan dengan upacara penyambutan resmi dengan diperdengarkannya lagu kebangsaan kedua negara dan diiringi dentuman meriam sebanyak 21 kali. Setelah dentuman meriam selesai, kedua pemimpin kemudian melakukan inspeksi pasukan kehormatan.

Selanjutnya, kedua pemimpin negara memperkenalkan delegasi dari masing-masing negara yang turut hadir mengikuti upacara. Delegasi Indonesia yang hadir yaitu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Abdul Kadir Jailani, dan Duta Besar Indonesia untuk Vietnam Denny Abdi.

Sementara itu, delegasi Vietnam yang hadir antara lain Menteri Luar Negeri Vietnam Bui Thanh Son, Kepala Kantor Presiden Vietnam Le Khanh Hai, Wakil Menteri Pertahanan Vietnam Vo Minh Lung, Wakil Menteri Keamanan Umum Vietnam Le Quo Hung, Wakil Menteri Perdagangan Vietnam Tran Quoc Khanh, Wakil Menteri Perencanaan dan Investasi Vietnam Tran Duy Dong, Wakil Menteri Pertanian dan Pembangunan Desa Vietnam Nguyen Quoc Tri, dan Duta Besar Vietnam untuk Indonesia Ta Van Thong.

Presiden Jokowi kemudian mengajak Presiden Nguyễn Xuân Phúc untuk berfoto bersama dan menandatangani buku tamu kenegaraan di Ruang Teratai. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan penanaman pohon Merawan bersama oleh Presiden Jokowi dan Presiden Nguyễn Xuân Phúc.

Selepas penanaman pohon, kedua pemimpin kemudian menuju veranda untuk berbincang sejenak sebelum menggelar pertemuan bilateral. Dalam sambutan pengantarnya, Presiden Jokowi mengatakan bahwa Indonesia berkomitmen untuk terus memperkuat kemitraan strategis kedua negara.

“Selain upaya untuk memperkuat hubungan bilateral, kedua negara juga harus terus memperkuat ASEAN. Tahun depan Indonesia akan menjadi ketua ASEAN, dukungan Vietnam terhadap keketuaan Indonesia di ASEAN akan sangat dihargai,” ujar Presiden Jokowi.

Selanjutnya, kedua pemimpin negara melakukan pernyataan pers bersama di Ruang Teratai. Rangkaian kunjungan resmi tersebut diakhiri dengan jamuan santap siang resmi oleh kedua pemimpin negara di Ruang Garuda.

(W2)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close