BeritaKomunitasNasionalPeristiwaPolitikUmum

Prabowo-Gibran Akan Siapkan Strategi Atasi Pengangguran

BIMATA.ID, Jakarta- Masalah ketenagakerjaan terutama pengangguran pada kelompok anak muda, terutama milenial dan Gen Z, menjadi salah satu hal yang mendapat perhatian tersendiri bagi pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Jurubicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Pemilih Muda Fanta HQ Prabowo-Gibran, Dedek Prayudi, mengatakan, berdasarkan Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) pada Agustus 2023 jumlah pengangguran di Indonesia mencapai 7,86 juta dari total angkatan kerja mencapai 147,71 juta orang.

BACA JUGA: Nusron: Akan Ada Reuni Pendukung Jokowi di NTT Dukung Prabowo-Gibran

Dengan catatan TPT itu, kata Dedek, dari 100 orang angkatan kerja terdapat sekitar lima orang yang tidak bekerja.

“Adapun jumlah TPT penduduk kelompok umur muda, yakni 15-24 tahun merupakan TPT tertinggi, mencapai 19,40 persen,” kata Dedek dalam keterangan tertulis, Jumat (8/12).

Melihat permasalahan itu, kata Dedek, Prabowo-Gibran memberikan solusi dengan mengawinkan poin ketiga Asta Cita yakni meningkatkan lapangan pekerjaan yang berkualitas.

“Sehingga anak muda, milenial dan Gen Z tidak hanya sekedar bekerja, namun memiliki kualitas berdasarkan karakteristik mereka,” katanya.

BACA JUGA: Prabowo Sambut Kunjungan Nikita Mirzani hingga Lesti Kejora, Makan dan Nyanyi Bareng

Lanjutnya, Prabowo-Gibran juga akan yakni membangun sekolah unggul terintegrasi. Yakni, sekolah yang terintegrasi dengan dunia usaha dan industri, di setiap kabupaten dan kota.

“Kabupaten dan kota itu adalah kunci, karena mereka lah yang punya potensi ekonomi di masing-masing daerah,” katanya.

“Kalau tidak begini, akan terjadi pemusatan tenaga kerja di daerah-daerah padat, sedangkan daerah yang ditinggalkan tak terurus ekonominya,” demikian Dedek.

BACA JUGA: Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Solusi Konkret Ringkan Beban Keluarga Kurang Mampu

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close