BIMATA.ID, Jakarta – Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo menilai generasi Z (gen Z) berpeluang besar untuk mengambil peran dalam meningkatkan dan memajukan ekonomi kreatif Indonesia.
“Banyak peluang yang dapat digarap oleh gen Z dalam pengembangan ekonomi kreatif, misalnya, dengan menjadi konten kreator,” kata Angela, dikutip dari antaranews, Rabu (08/11/2023).
Baca Juga : Prabowo Sambut Kedatangan 22 Calon Mahasiswa Asal Palestina
Dia menjelaskan, saat ini banyak generasi Z yang tertarik menjadi konten kreator, hingga tercatat sekarang konten kreator memiliki pasar Rp7 triliun dan diperkirakan akan terus meningkat lima kali lipat pada tahun 2027.
“Jadi mereka tidak sebatas dengan konten-konten komedi, tapi juga lebih mengerucut kepada minat dan bakat masing-masing,” jelasnya.
Lebih lanjut, Wamenparekraf menjelaskan ekonomi kreatif memainkan peran penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia, terutama saat pandemi COVID-19.
Tercatat ada pertumbuhan karena konsumsi media yang meningkat selama pembatasan sosial.
Pada 2020, ekonomi kreatif menyumbang sebesar Rp1.100 triliun terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) yang menjadi bukti, sektor ekonomi kreatif mampu bertahan di tengah pandemi COVID-19.
Simak Juga : TKN: Upaya Penjegalan Gibran Sebagai Cawapres Prabowo Gagal
Tidak hanya itu, berdasarkan data, tiga dari 17 subsektor ekonomi kreatif terbukti menjadi penyumbang terbesar pada struktur PDB dan ekspor terutama dari fesyen, kuliner dan kriya.
“Ada banyak peluang di sini yang dapat dimanfaatkan oleh generasi muda maka itulah kenapa saya bilang ini harus kompetitif, yang kedua adalah saya melihat ekonomi kreatif ini akan semakin maju,” pungkasnya.