BeritaNasionalSains & Tek

TNI AU Temukan Flight Data Recorder Super Tucano, Datanya Akan Segera di Investigasi

BIMATA.ID MALANG  TNI AU sudah menemukan flight data recorder pesawat tempur Super Tucano dengan nomor ekor TT-3111 dan TT-3103 dan saat kini telah berada di Skuadron Udara 21 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang.

Demikian dikatakan Kapuspen TNI Laksda TNI Julius Widjojono terkait penemuan flight data recorder di Super Tucano TT-3111 dan TT-3103, Jakarta, Sabtu (18/11/2023).

Lebih lanjut disampaikan Laksda TNI Julius Widjojono, Bahwa alat tersebut bukan black box, namun alat menyimpan data penerbangan.

“Salah satu komponen yang berada di dalam pesawat itu untuk menyimpan data penerbangan yaitu Voice and Data Recorder / Net-Centric Data Cartridge”, jelas Kapuspen TNI

Sebagaimana diketahui bahwa Tim Pusat Kelaikudaraan dan Keselamatan Terbang dan Kerja (Puslaiklambangja) dan Tim Skadron Teknik dari TNI AU telah berada di lokasi dua pesawat yang mengalami kecelakaan tersebut, Tim tersebut juga telah mendapatkan beberapa data yang nantinya akan diinvestigasi. Saat ini TNI AU berfokus untuk mengamankan informasi kecelakaan kedua pesawat tersebut.

Dua pesawat tempur taktis EMB-314 Super Tucano TNI AU milik Skadron Udara 21 Landasan Udara Abdulrachman Saleh, keduanya merupakan bagian dari empat pesawat yang sedang melaksanakan misi profisiensi formation flight (terbang dalam formasi), dan mengalami kecelakaan di Pasuruan, Jawa Timur, Jumat, 17 November 2023 lalu. Masalah terjadi ketika empat pesawat itu dihadang awan tebal. Saat itu, para penerbang pun menyatakan tak memiliki jarak pandang yang memadai sehingga akhirnya membubarkan formasi. Setelah formasi bubar itulah dua dari empat pesawat mengalami kecelakaan dalam misi penerbangan.

 

(W2)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close