BeritaKesehatanPeristiwaRegional

Poltekkes Kemenkes Semarang Gelar Edukasi PTM pada Remaja

BIMATA.ID, Semarang – Pengabdian Masyarakat (Pengabmas) Jurusan Kebidanan Semarang Poltekkes Kemenkes Semarang telah menggelar edukasi tentang penyakit tidak menular (PTM) pada remaja.

Kegiatan yang berlangsung di SOS Children Village pada Sabtu (28/10/2023) ini dilaksanakan untuk mendukung program peningkatan kesehatan, terutama untuk para remaja.

Diketahui, pengabmas ini dilakukan oleh tim dosen, di antarnya Erna Widyastuti, SSiT.M.Kes, Rizky Amelia, SST.,M.Kes, dan Septalia Isharyanti, SST., MPH,. Turut ikut serta mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan tersebut Thalia Adel, Ika Fitri Wulandari, Almira Rossa, Iffah Fatinafik, dan Eilena Prudencia.

Baca juga: Koalisi Indonesia Maju di Lombok Utara Mulai Gerakkan Mesin Partai Menangkan Prabowo-Gibran

Ketua pengabdi, Erna Widyastuti, S.SiT.M.Kes mengungkapkan, bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kesadaran remaja dalam deteksi dini adanya risiko terjadinya PTM.

“Sebagaimana diketahui, penyakit tidak menular merupakan penyakit yang tidak disebabkan oleh infeksi mikroorganisme seperti protozoa, bakteri, jamur, maupun virus. Tetapi lebih disebabkan karena pola hidup yang kurang baik dan kurangnya aktivitas fisik,” kata dia kepada Joglo Jateng.

Oleh karena itu, pihaknya melakukan promosi perilaku hidup bersih, dan sehat melalui perilaku yakni dengan cara cek kesehatan secara berkala, enyahkan asap rokok, rajin aktivitas fisik, diet sehat seimbang, istirahat yang cukup, dan kelola stres. Hal ini dilakukan untuk mengendalikan faktor risiko PTM pada remaja.

Lihat juga: Begini Kelengkapan RS TNI dr Sadjiman yang Diresmikan Prabowo di Bogor untuk Masyarakat Umum dan TNI

Sebagai informasi, berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesda) tahun 2018 prevalensi penderita hipertensi sebesar 37% dari jumlah penduduk usia 15 tahun ke atas. Kemudian diabetes melitus (DM) sebesar 3,1%. Sementara, jumlah kasus baru PTM yang dilaporkan secara keseluruhan pada 2021 adalah 4.262.517 kasus.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close