BeritaBisnisEkonomiInternasionalNasionalPolitikRegional

Linda Megawati: Provinsi Bali dan Kroasia Berpotensi Jalin Kerja Sama Strategis di Bidang Kepariwisataan dan Tenaga Kerja Ahli

BIMATA.ID, Jakarta – Anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Linda Megawati mengungkapkan bahwa BKSAP Day di Provinsi Bali telah membahas sejumlah isu strategis, dengan fokus pada penguatan kerja sama sister city antara Indonesia (Bali) dan Kroasia.

“Kami membahas beragam masalah untuk meningkatkan Memorandum of Understanding (MoU). Saat itu, kami menerima kunjungan dari Duta Besar (Dubes) Kroasia yang tertarik untuk bekerja sama dengan Provinsi Bali. Salah satu aspek yang dibahas adalah kolaborasi di sektor kepariwisataan dan kemaritiman,” kata Linda Megawati melalui keterangannya kepada media di Jakarta usai mengikuti kegiatan BKSAP Day ke Bali, Senin (20/11).

Baca Juga : Ajak Anak Muda Gunakan Hak Pilih, Prabowo: Nasib Anda Ditentukan Beberapa Menit di TPS

Negara Kroasia dinilai memiliki minat kuat untuk berkolaborasi dengan Provinsi Bali, terutama dalam penyediaan tenaga kerja ahli. Politisi Fraksi Partai Demokrat ini lebih lanjut menjelaskan bahwa pembahasan terutama berfokus pada kepariwisataan, kemaritiman, dan kebutuhan tenaga kerja. Negara Kroasia melihat potensi besar dalam berkolaborasi dengan Provinsi Bali, khususnya dalam menyediakan tenaga kerja yang ahli.

Linda Megawati menambahkan, “Keinginan untuk menjalin kerja sama ini tidak hanya terbatas pada bidang pariwisata dan kemaritiman, tetapi juga mencakup kebutuhan tenaga kerja. Negara Kroasia melihat Provinsi Bali sebagai sumber daya tenaga kerja yang berkualitas.”

Lebih lanjut, Politisi Partai Demokrat ini menyoroti pentingnya kerja sama ini dalam konteks upaya menurunkan angka stunting di Provinsi Bali. Dia menyebutkan bahwa Provinsi Bali telah berhasil menurunkan tingkat stunting sebesar 4 persen, sementara pemerintah pusat menargetkan penurunan sebesar 14 persen pada tahun 2024.

“Mengenai stunting, Provinsi Bali telah berhasil menurunkannya sebesar 4 persen. Ini mencerminkan komitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Keberhasilan ini juga menggambarkan pentingnya kerja sama antar negara dalam mencapai tujuan pembangunan,” ujarnya.

Simak Juga : Prabowo Beri Kado Bantal Kucing ke Anies, Helm Sepeda ke Ganjar

Dengan harapan bahwa pertemuan ini akan menghasilkan kesepakatan positif, Linda Megawati, Legislator Dapil Jawa Barat, berharap agar MoU yang dihasilkan dapat memberikan arah kerja sama yang baik antara Provinsi Bali dan Kroasia.

“Mudah-mudahan, melalui kerja sama antar parlemen dan Pemerintah Daerah Provinsi Bali, hasil kegiatan ini akan menghasilkan MoU yang konkret. Ini akan menjadi landasan bagi kerja sama yang erat dan saling menguntungkan antara Provinsi Bali dan negara Kroasia,” pungkasnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close