BeritaEkonomiNasionalPolitikRegionalTravel

Kerja Sama Sister City Bali-Kroasia, Puteri Komarudin : Langkah Awal Pariwisata Berkelanjutan

BIMATA.ID, Bali – Anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Puteri Anetta Komarudin, menyambut baik inisiatif kerja sama sister city antara Bali dengan negara Kroasia, melihatnya sebagai langkah positif untuk pengembangan pariwisata Bali secara berkelanjutan. Beliau menekankan bahwa Kroasia, dengan dua kota pariwisata utamanya, yaitu Zadar dan Dubrovnik, menjadi mitra potensial dalam upaya ini.

“Sangat positif melihat penjajakan Sister City antara Kroasia dan Bali, terutama di dua kota pariwisata, Zadar dan Dubrovnik. Ini bisa menjadi langkah awal yang baik,” ujar Puteri Anetta Komarudin usai mengikuti kegiatan BKSAP Day di Bali pada Kamis (16/11/2023).

Baca Juga : Dapat Nomor Urut 2, PAN Optimis Menangkan Prabowo Gibran di Bumi Cendrawasih

Puteri menegaskan bahwa fokus utama kerja sama ini adalah menjadikan Provinsi Bali sebagai destinasi pariwisata yang lebih berkelanjutan, dengan penanganan masalah sampah dan kemacetan sebagai prioritas. Selain itu, dia menyoroti pentingnya memastikan pertumbuhan pariwisata pasca pandemi Covid-19 tidak merusak ekosistem yang ada.

“Dan yang paling utama, kita harus memastikan bahwa masyarakat lokal di Provinsi Bali yang paling banyak mendapatkan manfaat dari bangkitnya pariwisata ini. Pemberdayaan masyarakat lokal menjadi sangat penting,” tambah Puteri, seorang politisi Fraksi Partai Golkar.

Puteri juga menilai pentingnya peningkatan Dana Alokasi Umum (DAU) terkait dengan sektor pariwisata di Bali, mengingat kontribusinya yang signifikan terhadap negara. Dia berharap peningkatan tersebut akan mendukung keberlanjutan pariwisata di Bali.

Selain itu, Puteri menekankan perlunya peningkatan edukasi di sektor pariwisata, termasuk pengembangan kapasitas, kompetensi, dan sumber daya manusia. Dia juga mendorong peningkatan Dana Alokasi Khusus (DAK) aspirasi untuk daerah pariwisata, terutama di Provinsi Bali.

“Saya yakin perlu terus meningkatkan DAK aspirasi untuk daerah pariwisata, terutama di Provinsi Bali yang telah memberikan kontribusi signifikan bagi negara kita,” ujar Puteri.

Simak Juga : Tani Merdeka Kabupaten Demak Konsolidasi Menangkan Prabowo Gibran

Legislator Dapil Jawa Barat ini berharap bahwa keberhasilan kembalinya pariwisata di Provinsi Bali dapat menjadi motivasi untuk mengembangkan destinasi wisata lainnya, seperti Labuan Bajo di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Dia menekankan pentingnya pembelajaran dari pengalaman di Bali untuk menciptakan destinasi wisata yang lebih berkelanjutan.

“Dengan kebangkitan pariwisata di Provinsi Bali, semoga menjadi penyemangat untuk pengembangan daerah destinasi wisata prioritas lainnya, seperti Labuan Bajo di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Belajar dari kesalahan di Bali untuk menciptakan destinasi wisata yang lebih berkelanjutan, sembari mempromosikan nama Indonesia di dunia,” tutupnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close