BeritaNasionalOpiniPolitik

Di Jatim Elektabilitas Anies Baswedan Melejit Usai Gandeng Muhaimin

BIMATA.ID JAKARTA  Elektabilitas bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan melejit di Jawa Timur (Jatim) dalam survei teranyar Charta Politika Indonesia. Faktor Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dinilai cukup berperan mengerek elektabilitas Anies di Jatim.

“Anies Baswedan jauh lebih baik dibandingkan sebelum Cak Imin masuk, sekarang ada di angka 27 persen,” kata Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya dalam rilis survei daring bertajuk ‘Peta Elektoral Pascaputusan MK dan Pendaftaran Capres-Cawapres’, Jakarta, Senin, 6 November 2023.

Yunarto mengatakan sebelum bergandengan dengan Muhaimin serta PKB, elektabilitas Anies hanya belasan persen di Jatim. Kini, elektabilitas Anies – Muhaimin mencapai 27 persen.

Sedangkan, pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD mendapat perolehan 38 persen di Jatim. Kemudian, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dipilih publik sebanyak 34 persen.

Pertarungan ketat juga terjadi di wilayah DKI Jakarta dan Banten. Anies – Muhaimin dipilih publik sebanyak 32 persen, Ganjar-Mahfud 36 persen, dan Prabowo-Gibran 32 persen.

Charta Politika juga mencatat elektabilitas ketiga pasangan capres dan cawapres di beberapa wilayah lain, yakni:

1. Sumatra

Anies-Muhaimin: 30 persen

Ganjar-Mahfud: 27 persen

Prabowo-Gibran: 38 persen

2. Jawa Barat

Anies-Muhaimin: 30 persen

Ganjar-Mahfud: 28 persen

Prabowo-Gibran: 37 persen

3. Jawa Tengah dan DIY

Anies-Muhaimin: 10 persen

Ganjar-Mahfud: 66 persen

Prabowo-Gibran: 22 persen

4. Bali, NTB, dan NTT

Anies-Muhaimin: 9 persen

Ganjar-Mahfud: 49 persen

Prabowo-Gibran: 36 persen

5. Kalimantan

Anies-Muhaimin: 21 persen

Ganjar-Mahfud: 33 persen

Prabowo-Gibran: 39 persen

6. Sulawesi

Anies-Muhaimin: 27 persen

Ganjar-Mahfud: 18 persen

Prabowo-Gibran: 48 persen

7. Maluku dan Papua

Anies-Muhaimin: 21 persen

Ganjar-Mahfud: 31 persen

Prabowo-Gibran: 38 persen

Charta Politika juga mencatat elektabilitas ketiga pasangan capres-cawapres secara keseluruhan. Ganjar-Mahfud mendapat angka 36,8 persen dan menjadi pilihan tertinggi responden.

Kemudian, Prabowo-Gibran memperoleh 34,6 persen. Sedangkan, yang memilih dan Anies-Muhaimin sejumlah 24,3 persen.

Survei Charta Politika dilakukan pada 26-31 Oktober 2023 dengan melibatkan 2.400 responden yang berusia di atas 17 tahun. Responden tersebar di 34 provinsi.

Metode yang digunakan yakni wawancara tatap muka dengan teknik pengambilan multistage random sampling. Margin of error dari survei ini 2 persen.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close