BeritaNasionalPendidikan

Kemendikbud Ristek Akan Alokasikan Anggaran 750 M Buat Dana Padanan 2024

BIMATA.ID, Jakarta – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp750 miliar untuk program Dana Padanan (matching fund) kepada perguruan tinggi, dan industri yang berkolaborasi dalam pengembangan inovasi melalui platform Kedaireka pada 2024 mendatang.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Pendidikan Tinggi Kemendikbud Ristek, Nizam mengatakan, bahwa pembukaan Program Dana Padanan 2024 akan dilaksanakan lebih awal agar perguruan tinggi memiliki waktu cukup untuk merancang, mendesain, hingga proses evaluasi proposal pada tahun ini.

“Selama ini terdapat keluhan atas pendeknya waktu eksekusi program. Padahal, untuk menghasilkan produk yang betul-betul siap diproduksi, hingga dihilirkan, membutuhkan waktu yang tidak singkat,” katanya Nizam dalam agenda Program Dana Padanan 2024 di Jakarta, Selasa (03/10/2023).

Baca juga: Survei LSI Denny JA, Elektabilitas Prabowo Kokoh Pepet 40% Lampaui

Menurutnya, program Dana Padanan diharapkan dapat memberikan solusi, dan dampak bagi kemajuan sosial, budaya, teknologi, dan dunia industri.

DIketahui, sejak 2021 lalu, program Dana Padanan mengalami peningkatan peminat yang luar biasa, yaitu mulai 1.270 proposal yang masuk, kemudian pada 2022 sebanyak 4.700 proposal, dan 5.600 proposal pada 2023.

Untuk diketahui, pengusulan proposal Program Dana Padanan dibuka mulai 1 hingga 31 Oktober 2023, dengan pendaftaran diri dan panduan lengkap dapat diakses pada laman www.kedaireka.id.

Lihat juga: Survei LSI Denny JA: Ganjar dan Anies Kalah Dari Prabowo Siapapun Cawapresnya

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close