BeritaHukumInternasionalMusikUmum

Viral Lagu Halo Halo Bandung dijiplak Akun Youtube di Malaysia

BIMATA.ID JAKARTA Lagu Halo-Halo Bandung ciptaan Ismail Marzuki dijiplak salah satu akun YouTube Malaysia. Judul lagu diganti menjadi Hello Kuala Lumpur.

Munculnya lagu Hello Kuala Lumpur menggemparkan warganet Indonesia. Sebab, seluruh irama dan melodinya sangat identik dengan lagu Halo-Halo Bandung ciptaan Ismail Marzuki.

Liriknya juga ikut diubah. Sebelumnya Halo-Halo Bandung Ibu Kota Periangan menjadi Hello Kuala Lumpur Ibu Kota Keriangan.

Yang membuat warganet Indonesia semakin geram adalah deskripsi lagu Hello Kuala Lumpur disebutkan sebagai lagu tradisional Melayu kanak-kanak.

Padahal, sudah sangat jelas kalau lagu Halo-Halo Bandung merupakan lagu yang terinspirasi dari peristiwa Bandung Lautan Api pada Maret 1946 yang melambangkan perjuangan masyarakat Bandung mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf, meminta Kementerian Luar Negeri memberikan teguran ke Malaysia.

“Negara melalui Kemenlu harus memberikan surat teguran ke Malaysia. Sebaiknya pemerintah bisa meminta klarifikasi melalui perwakilan kita di Malaysia,” ujar Dede Yusuf dikutip kamis (14/9).

Dede Yusuf menilai kejadian ini menjadi pelajaran penting bagi Indonesia agar segera mendorong adanya copyright. Terlebih menurutnya terhadap lagu-lagu yang memiliki nilai sejarah.

(W2)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close