BeritaNasional

Pemimpin China dan Amerika Tak Hadiri KTT 43 ASEAN, Prabowo Pastikan Hubungan Tetap Berjalan Baik

BIMATA.ID, Jakarta – Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto merespons terkait Presiden China, Xi Jinping dan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden yang tidak hadir di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN. 

Sebagaimana diketahui, Xi Jinping diwakili oleh Perdana Menteri China, Li Qiang, kemudian, Joe Biden sendiri diwakili oleh Wakil Presiden Amerika Serikat, Kamala Harris. 

“Ya, saya kira pasti beliau banyak kesibukan, negara besar tapi kan beliau sangat perhatikan sama kita dan beliau hadir di Bali, di G20,” kata Prabowo, dikutip dari tvonenews, Kamis (07/09/2023).

Baca Juga : Istri Gus Dur Berikan Doa dan Restu ke Prabowo

Kemudian, Prabowo memastikan bahwa hubungan Indonesia dengan kedua negara besar tersebut baik, tidak ada konflik yang mengkhawatirkan bilateral hancur. 

“Ya, Indonesia sudah jelas sikap kita, posisi kita kan selalu bebas aktif, non blok, kita tidak mau terlibat dalam konflik mana pun,” jelasnya. 

Ketua Umum Partai Gerindra ini memastikan bahwa Indonesia bersahabat dengan semua negara.

“Kita hormati semua negara, kita hormati AS, kita hormati Tiongkok, kita hormati Rusia, kita hormati India, Jepang, dan semua negara,” pungkasnya.

Begitu pula hubungan Indonesia dengan Rusia, sejauh ini hubungan keduanya sangat bagus.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close