Nasional

Ini Pesan Novita Gerindra ke Pakar dalam Penyusunan Usulan Revisi UU LLAJ Nomor 22 Tahun 2019

BIMATA.ID, JAKARTA — Anggota DPR RI Hj. Novita Wijayanti menyampaikan kepada para Pakar mengenai LLAJ, Transportasi online muncul di tengah kondisi sistem transportasi di Indonesia yang belum tertata dengan baik. 

Beberapa perusahaan besar berlomba untuk membentuk perusahaan transportasi berbasis aplikasi online, beberapa di antaranya adalah Gojek, Grab, Uber dan juga Maxim.

menurutnya sebagian orang transportasi online merupakan solusi atas sistem transportasi yang masih buruk, namun di sisi lain merupakan masalah bagi orang-orang yang menggantungkan hidup dari jasa transportasi yang tidak mengandalkan teknologi. 

“Moda transportasi pilihan masyarakat yang sebelumnya bersifat offline saat ini telah berinovasi menjadi bersifat online dan lebih modern,” ungkapnya.

Novita Wijayanti merinci beberapa persoalan mengenai transportasi yang digunakan masyarakat untuk mempermudah aktivitas keseharian mereka seperti bekerja, bersekolah, bepergian maupun aktivitas lainnya. 

“Kebanyakan masyarakat masih menjadikan angkutan umum sebagai pilihan utama mereka yang tampaknya tidak diimbangi dengan penyediaan angkutan umum yang memadai, terutama ditinjau dari kapasitas angkut,” terangnya. 

Dengan banyak masalah yang timbul di perkotaan seperti kemacetan lalu lintas, kurangnya pelayanan dan kondisi angkutan umum yang masih belum memadai. Kemacetan lalu lintas akan selalu menimbulkan dampak negatif, baik terhadap pengemudinya sendiri maupun ditinjau dari segi ekonomi dan lingkungan. 

“Bagi pengemudi kendaraan, kemacetan akan menimbulkan ketegangan. Masalah lain juga timbul dengan banyaknya tindak kriminal pada angkutan umum, semakin menambah ketidaknyamanan masyarakat akan angkutan umum konvensional,”paparnya

Selanjutnya legislator Partai Gerindra menanyakan kepada para pakar yang hadir dalam rapat tersebut mengenai kurangnya pelayanan dan kondisi angkutan umum yang masih belum memadai yang terjadi karena bagi masyarakat masih menggunakan angkutan massal, Terkait hal ni bagaimana tata kelola angkutan umum yang memadai masyarakat.

“Kemacetan lalu lintas akan selalu menimbulkan dampak negatif, baik terhadap pengemudinya sendiri maupun ditinjau dari segi ekonomi dan lingkungan. Bagi pengemudi kendaraan, kemacetan akan menimbulkan ketegangan. Selain Solusi Genap Ganjil adakah alternatif lainnya yang dapat mengurangi kemacetan di jam-jam tertentu,” jelasnya

Transportasi online muncul di tengah kondisi sistem transportasi di Indonesia yang belum tertata dengan baik. 

“Bagi sebagian orang transportasi online merupakan solusi atas sistem transportasi yang masih buruk, Namun di sisi lain merupakan masalah bagi orang-orang yang menggantungkan hidup dari jasa transportasi yang tidak mengandalkan teknologi (Ojek Pangkalan dan taxi gelap), bagaimana hal ini kita sikapi,” tutupnya.

****

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close