Regional

UNCESCAPE dan BRIN Dukung Penggunaan Geopartal Smart City Makassar

BIMATA.ID, Makassar – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menjamu kunjungan Komisi Ekonomi dan Sosial PBB untuk Asia dan Pasifik (UNESCAPE) di Kantor Balai Kota, Kamis (28/4/2022).

Kunjungan Chief of Scape Section UNESCAPE, Keran Wang bersama Deputi Deputi Badan Riset dan Inovasi Nasional Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa Nasional (Brin Orpa) ini dalam rangka penggunaan aplikasi Geopartal dalam mendukung program smart city.

Danny menjelaskan, pertemuan bersama Brin, selain untuk bersilaturahmi juga mensupport smart city Pemkot Makassar.

“Sebagai lembaga dunia, UNESCAPE menunjuk Kota Makassar dan Bandung, salah satu dari kota yang mau disupport, saya terangkan tentang Metaverse, bagaimana progresnya, bagaimana prosesnya apa modalnya, modalnya itu sombere’ smart city,” kata Danny.

Menurutnya, Keran Wang kagum dengan sombere’ smart city.

“Dia sangat sangat kagum, karena negerinya, negeri komunis penuh dengan filosofi, semua dengan filosofi tapi dia tidak pernah mendapatkan filosofi seperti sombere smart city,” ujar Danny.

Keran Wang juga berpendapat, sombere smart city mempunyai makna yang dalam. Konsep tersebut belum pernah ia jumpai di seluruh dunia.

“Saya temukan di sini di Makassar, saya akan catat itu menjadi bagian share Makassar dan saya akan lapor pimpinan,” kata Danny mengutip ucapan Mr Keran.

Danny juga menghimbau dalam pembentukan Badan Riset Daerah, untuk diberi kewenangan yang lebih luas.

“Yang saya minta adalah pembentukan Brida, badan riset daerah itu diberi ruang besar oleh pemerintah,” terangnya.

[HW]

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close