NasionalBeritaKomunitasUmum

Wapres Berharap Awal Ramadan Antara Pemerintah dan Muhammadiyah Tetap Sama

BIMATA.ID, Jakarta- Wakil Presiden Ma’ruf Amin berharap tanggal awal Ramadan 1443 Hijriah tahun ini antara pemerintah dan Muhammadiyah tetap berlangsung secara bersamaan.

Hal itu ia sampaikan merespons temuan peneliti LAPAN BRIN soal potensi perbedaan awal Ramadan 1443 H antara pemerintah dan Muhammadiyah.

“Diharapkan tahun ini masih sama antara Muhammadiyah dan pemerintah,” ujar wapres, Rabu (30/03/2022).

Sebagai Informasi, Muhammadiyah telah memutuskan melaksanakan ibadah puasa 1 Ramadan 1443 H pada 2 April 2022 mendatang. Sementara pemerintah belum memutuskan karena menunggu sidang isbat yang digelar pada 1 April 2022 mendatang.

Ma’ruf mengakui pendekatan yang digunakan Muhammadiyah dan pemerintah dalam menentukan awal Ramadan berbeda. Muhammadiyah lebih menggunakan metode Wujudul Hilal. Sementara pemerintah menggunakan metode rukyat.

Ia menilai awal bulan Ramadan yang ditetapkan oleh pemerintah dan Muhammadiyah bisa jatuh di hari yang sama apabila ketinggian hilal pada 1 April lebih dari dua derajat.

“Mudah-mudahan sama,” kata dia.

Bila awal Ramadan tak bersamaan, mantan Ketum MUI itu tak ada mempersoalkannya. Perbedaan itu harus saling dipahami satu sama lain.

“Kalaupun tidak sama, itu sudah ada pemahaman bersama, artinya ada toleransi,” kata dia.

 

(ZBP)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close