NasionalBeritaHukumUmum

Mahfud MD: Pemerintah Butuhkan Orang Kritis yang Berintegritas

BIMATA.ID, Jakarta- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam), Mahfud MD mengatakan pemerintah membutuhkan sosok-sosok yang mampu mengkritisi kinerja pemerintah. Dirinya justru merasa senang jika ada pihak yang memberikan kritik kepada pemerintah.

“Saya sebagai yang kebetulan sekarang duduk di pemerintahan merasa senang bahwa ada orang yang terus menyuarakan kritiknya yang diyakininya sebagai kebenaran,” ujar Mahfud MD pada, Kamis (17/03/2022).

Mahfud menilai, sangat penting untuk menyadarkan pemerintah agar mampu meningkatkan kinerja. Dia menyontohkan kritik-kritik yang dilayangkan oleh cendekiawan muslim Azyumardi Azra. Kritik yang dilayangkan oleh Azyumardi Azra, menurut Mahfud, bertujuan untuk membangun bangsa.

“Itu penting bagi pemerintah, karena pentingnya bukan hanya untuk juga menyadarkan tetapi juga agar elemen-elemen pemerintahan yang punya kesadaran moral dan punya hati nurani juga tergerak mempunyai bahan untuk bergerak. Sesudah membaca kritik-kritik orang seperti Prof Azyumardi,” ungkapnya.

Meski begitu, Mahfud mengatakan kekritisan harus dibarengi dengan integritas. Menurutnya, kritik harus disampaikan bukan untuk menargetkan kelompok tertentu atau bersikap obyektif.

“Sifat intelektual yang berintegritas, itu kita berharap Indonesia punya banyak orang-orang yang kritis seperti Prof Azyumardi tetapi berintegritas, bukan lalu kritis tetapi hanya dalam batas tertentu atau untuk target tertentu, atau untuk tujuan tertentu yang sifatnya sangat personal dan sangat subjektif,” jelas Mahfud MD.

“Prof Azyumardi Azra adalah seorang cendekiawan yang punya integritas dan selalu kritis, tanpa pernah henti mengkritisi dan tanpa pernah takut, tanpa pernah segan untuk mengatakan sesuatu yang diyakininya benar,” tambahnya.

 

(ZBP)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close