InternasionalBeritaHeadlineKomunitasNasionalPolitikUmum

TIDAR Minta Pemerintah Indonesia Segera Evakuasi WNI Di Ukraina

BIMATA.ID, Jakarta- Wakil Ketua Pengurus Daerah Tunas Indonesia Raya DKI Jakarta (PD TIDAR DKI Jakarta), Edgar Jonathan meminta instansi terkait berkoordinasi dan memantau secara cermat perkembangan di Ukraina terkait kondisi keamanan dan keselamatan warga negara Indonesia (WNI) yang berada disana.

“Kita sangat berharap Bu Retno Marsudi (Menteri Luar Negeri) terus melakukan koordinasi intensif dengan KBRI Kyiv dan Duta Besar Rusia untuk Indonesia perihal kemungkinan evakuasi warga negara Indonesia di Ukraina.”ujar pria yang akrab disapa Edgar.

Edgar menegaskan, dirinya tidak membela salah satu dari kedua belah pihak negara yang sedang berseteru tersebut, ia hanya menginginkan seluruh WNI yang masih berada disana segera dapat pulang ke Indonesia dengan selamat.

“Disini kita tidak tidak pro-Barat dan pro-Timur, kita hanya ingin WNI disana dalam keadaan aman dan dapat kembali ke Indonesia dengan selamat” tegas Wakil Ketua PD TIDAR DKI Jakarta itu.

Menurut informasi dari Kemenlu, saat ini ada 138 WNI yang berstatus pelajar/mahasiswa dan pekerja migran manufaktur yang sebagian besar berada di ibu kota Ukraina, Kiev. Namun, ada juga ada satu WNI yang tinggal di Donetsk, dua orang di Luhansk dan lima orang di Kharkiv. Total terdapat 11 WNI yang tinggal di Ukraina timur seperti di Luhansk dan Donetsk, serta beberapa kota lainnya

Untuk saat ini, mereka diimbau untuk sementara berdiam diri di dalam rumah menunggu sampai situasi dirasa aman untuk melakukan evakuasi ke titik yang sudah ditentukan Kemenlu.

 

(Bagus)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close