Regional

Ini Penyebab Langkanya Minyak Goreng di Makassar

BIMATA.ID, Makassar – Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengungkapkan penyebab langkanya minyak goreng.

Lutfi mengatakan, penyebab langkanya minyak goreng karena penyaluran dari produsen ke distributor sedikit macet.

“Stok minyak goreng sebenarnya tidak masalah. Yang menjadi masalah ini penyesuaian harga. Jadi dua minggu kemarin itu terjadi penyesuaian harga lalu yang terjadi adalah kebuntuan daripada distribusi,” kata Lutfi usai sidak kebutuhan pokok dan minyak goreng di dua pasar tradisional Makassar, Kamis (17/2/2022).

Lutfi mengakui, stok minyak goreng jenis premium di Makassar memang langka. Namun, stok minyak goreng curah cukup banyak.

“Jadi saya melihat di sini yang kecil yang di pasar ini adalah minyak curah dengan harga terjangkau tetap ada. Yang tidak ada adalah minyak paket premium dan paket sederhana, ini memang kelancaran operasinya terganggu baru, mulai lagi hari Selasa kemarin,” katanya.

Minyak goreng paket premium akan tiba di Pelabuhan Soekarno Hatta hari ini. Lutfi meminta distributor untuk segera menyebar ke pasaran.

“Mudah mudahan paket premium ini akan datang, dengan merek Filma pada siang hari ini di pelabuhan. Dan saya akan meminta kepada distributor untuk menyebarkan pada kesempatan pertama,” jelas dia.

Siang tadi Kamis (17/2/2022), Mendag Lutfi melakukan sidak ke dua pasar tradisional Makassar untuk mengecek stok minyak goreng dan bahan pangan jelang Ramadan.

Dua pasar tradisional yang dikunjungi adalah Pasar Terong dan Pasar Pabaeng-Baeng. Selain pasar, mantan Duta Besar Indonesia untuk Amerika itu juga mengecek stok minyak goreng di distributor PT. Sawit Tunggal Arta Raya, Jl Soekarno Hatta.

(HW)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close