BeritaPolitik

Gelar Sekolah Partai, PDIP Ingin Perkuat Kualitas Kepemimpinan Kader

BIMATA.ID, Jakarta – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), terus memacu semangat para kepala daerah asal partainya agar terus berprestasi.

Oleh karenanya, DPP PDIP menggelar Sekolah Partai dalam rangka retooling dan upgrading para kepala daerah tersebut. Sekolah Partai ini digelar secara marathon dan dibagi menjadi dua gelombang.

Adapun gelombang pertama digelar Kamis hingga Jumat, 3-4 Februari 2022. Sedangkan gelombang kedua digelar pada 10 Maret 2022 mendatang.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP, Hasto Kristiyanto menyampaikan, partainya ingin kepala daerah asal partainya dapat menjalankan kepemimpinan ideoligis berdasarkan Pancasila. Pasalnya, kepemimpinan ideologis membuat kepala daerah bisa mengejar prestasi yang memperkuat semangat kerakyatan.

“Sekolah Partai PDI Perjuangan terus memperkuat kualitas kepemimpinan kader partai,” ucapnya, dalam keterangan pers, Kamis (03/02/2022).

Politikus asal Yogyakarta ini menerangkan, retooling dilakukan dengan menghadirkan seluruh konsepsi Bung Karno guna menjalankan konsepsi Pola Pembangunan Semesta Berencana sebagai pelaksanaan jalan berdikari.

Upgrading dilakukan untuk memperkuat kebijakan politik bagi bekerjanya ekonomi kerakyatan, dan sekaligus saling berbagi pengalaman di dalam mengatasi pandemi Covid-19,” terang Hasto.

Hasto mengemukakan, berbagai materi disampaikan dalam Sekolah Partai, seperti penjabaran ideologi Pancasila dalam kebijakan politik, ekonomi, dan kebudayaan. Kemudian, ada materi sharing best practices tentang keberhasilan para kepala daerah dan berbagai aspek strategis terkait politik anggaran guna memperkuat perekonomian rakyat.

“Itu nanti disampaikan oleh Said Abdullah, Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Perekonomian,” imbuhnya.

Lebih lanjut Hasto menjelaskan, Sekolah Partai akan membahas aspek hukum untuk mencegah korupsi. Termasuk, ada pula sistem pengadaan barang dan jasa yang bebas dari korupsi.

Dia mengungkapkan, Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Abdullah Azwar Anas dan Bupati Ngawi, Budi ‘Kanang’ Sulistyono, bakal menyampaikan materi khusus dalam Sekolah Partai tersebut.

“Pak Abdullah Azwar Anas dan Budi Sulistyono akan memberikan materi khusus, yakni terkait dengan kapasitas Azwar Anas sebagai Kepala LKPP dan bagaimana meningkatkan prestasi kepala daerah berdasarkan pengalaman Pak Kanang yang luas sebagai Bupati Ngawi dua periode,” ungkap Hasto.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close