Berita

Puti Sari Usulkan Vaksinasi Booster Gratis untuk Masyarakat Indonesia

BIMATA.ID, Jakarta – Anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Putih Sari, mengusulkan vaksin booster (suntikan dosis ketiga) vaksin Covid-19 dapat diberikan ke masyarakat secara gratis.

“Karena pada dasarnya vaksin adalah kebutuhan dasar yang seharusnya menjadi tanggung jawab pemerintah sehingga harus diupayakan gratis,” katanya, Selasa (04/01/2022).

Waketum Gerindra Itu pun, meminta Pemerintah memperhatikan ketersediaan vaksin booster, dimana Vaksin booster ini tidak diberikan secara gratis kepada semua masyarakat seperti vaksin Covid-19 dosis 1 dan 2 lalu berapa kisaran harga vaksin Covid-19 booster itu.

“Pengawasan vaksinasi booster harus diperketat terutama dalam verifikasi data penduduk yang akan melakukan vaksin, Kalaupun tidak (gratis) pemerintah harus mengatur harga agar dapat terjangkau oleh masyarakat,” ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah memutuskan untuk mulai program booster (suntikan dosis ketiga) vaksin Covid-19 pada 12 Januari 2022. Vaksin ini akan disuntikkan kepada mereka yang berusia 18 tahun ke atas dan 6 bulan setelah penyuntikan dosis kedua.

Melalui Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan untuk program booster vaksin Covid-19, Indonesia membutuhkan 230 juta dosis vaksin. Indonesia sudah mengamankan pasokan vaksin sebanyak 113 juta dosis vaksin.

“Nah yang menarik adalah CDC (Center for Disease Control) dan FDA (Food and Drug Administration) Amerika Serikat mengeluarkan rekomendasi Moderna itu dosisnya setengah karena ada isu kerasnya moderna atau efek KIPI (efek samping),” ujar Budi Gunadi dalam konferensi pers digital di Jakarta, Senin (03/01/).(oz)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close