BeritaEkonomiInternasionalNasionalUMKM

Menteri BUMN Optimistis Indonesia Mampu Jadi Sentra Ekonomi Baru Dunia

BIMATA.ID, Jakarta- Menteri BUMN, Erick Thohir menilai Indonesia mampu menjadi sentra pertumbuhan ekonomi baru dunia.

“Indonesia adalah potensi sentra pertumbuhan dunia yang baru,” ujar Erick melalui keterangan tertulisnya, Kamis, 20 Januari 2022.

Menurutnya, mimpi besar tersebut akan terealisasi dengan catatan bahwa generasi muda bisa produktif untuk mengisi market besar Indonesia. Sehingga potensi pasara Indonesia bisa dioptimalkan untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Karena itu, kita benar-benar concern, benar-benar mendorong, agar market kita jangan lagi hanya dijadikan pertumbuhan bangsa lain. Market kita harus jadi pertumbuhan bangsa kita. Sumber daya alam kita harus dipakai pertumbuhan ekonomi kita, bukan bagsa lain,”ungkapnya.

Dirinya menilai, faktor kemandirian ekonomi pun perlu didorong. Maka dari itu, Kementerian BUMN siap memberikan generasi muda fasilitas untuk menjadi wirausahawan.

“Itu kenapa saya sangat senang kalau memang generasi muda kita ke depan 70 persen mau jadi pengusaha. Artinya akan banyak mimpi-mimpi besar bertemu dengan mimpi-mimpi lain generasi muda, sehingga menjadi sebuah kekuatan bersama,” katanya.

Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) ini juga optimistis bahwa Indonesia Emas akan terwujud di 2045. Ia mengaku tak bosan mengajak seluruh stakeholder terkait untuk mewujudkan Indonesia sebagai sentra pertumbuhan dunia.

“Merdeka berdaulat menjadi penting untuk sama-sama kita ciptakan, bukan bagian lip service, tapi bagian konkret yang bersama harus kita lakukan. Dan ini merupakan kerja bersama, bukan hanya tugasnya pemerintah pusat, bukan hanya tugasnya BUMN, tapi tugas bersama. Swasta UMKM, pemerintah daerah, tokoh-tokoh pemuda untuk menjadikan roadmap Indonesia,” jelasnya.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close