Berita

Kemenkes Siapkan Ribuan Petugas Kesehatan Haji

BIMATA.ID, Jakarta – Dalam Rapat Kerja dengan Komisi VIII DPR RI Kemenkes melalui Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, Kunta Wibawa Dasa Nugraha, menjelaskan dari total petugas kesehatan haji yang direkrut, 306 orang di antaranya merupakan petugas penyelenggara ibadah haji (PPIH). Sementara sisanya 1.521 orang ialah tenaga kesehatan haji (TKH).

“PPIH ini yang nanti bertugas di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) dan TKH bertugas di jemaah haji atau kelompok terbang,” katanya, Senin (17/01/2022).

Pihak Kementerian Kesehatan juga merekrut 200 tenaga pendukung kesehatan. Mereka merupakan warga negara Indonesia (WNI) berdomisili di Arab Saudi yang akan mendukung tugas pelayanan kesehatan haji di Arab Saudi.

“Tugas tenaga pendukung kesehatan ini di antaranya mendampingi jemaah haji yang sedang sakit, menghubungkan jemaah haji dengan rumah sakit Arab Saudi, mencari pengemudi, hingga berkaitan dengan kebersihan,” ucapnya.

Menurut Kunta, Kementerian Kesehatan meningkatkan kompetensi petugas kesehatan haji melalui pelatihan. Peningkatan kompetensi ini dilakukan oleh Balai Latihan Kesehatan di 13 provinsi embarkasi.

“Agar petugas kesehatan haji memahami tugas dan fungsi karena mereka di lapangan. Jadi kami benar-benar melakukan kompetensi ini, jangan sampai nanti terjadi perbedaan persepsi,” tungkasnya.(oz)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close