Berita

Budayawan Sunda Mengecam Keras Pernyataan Arteria yang Menyinggung Warga Sunda

BIMATA.ID, Jakarta – Ketua Yayasan Dapuran Kipahare, Irman Firmansyah mengecam keras pernyataan yang dilontarkan Arteria dalam rapat komisi III DPR soal bahasa Sunda sangat menyinggung orang Sunda.

“Kami bersama budayawan Sunda lainnya meminta agar anggota DPR RI tersebut meminta maaf. Jika hal itu tidak dilakukan, kami minta agar anggota tersebut dipecat. Karena sikap tersebut dapat memecah-belah bangsa kita,” katanya, Rabu (19/01/2022).

Pihaknya juga menyebut,  apa yang dilontarkan Arteria Dahlan tidak menghormati kearifan lokal padahal kearifan lokal seharusnya dijunjung tinggi, Seluruh orang Sunda tersinggung dengan pernyataan yang dianggap tidak menghormati Sunda.

“Artinya, dalam keragaman budaya, bahasa itu sangat penting. Karena hilang bahasa, maka akan hilang budaya, Salah satu ciri budaya itu dilihat dari bahasanya dalam kontek kemajuan kebudayaan, ada istilahnya pengarusutamaan kebudayaan di beberapa instansi seharusnya disarankan ada pengintegrasian budaya ke dalam proses baik secara pelatihan, maupun secara pormal,“ ucapnya.

Firman menegaskan, seharusnya tidak masalah menggunakan bahasa daerah dalam rapat, sepanjang audiensnya juga semua mengerti bahasa itu, Dapur Kipahare bakal melakukan koordinasi dengan budayawan Sunda lainya.

“Kami melakukan dukungan di WA Grup dan Medsos terkait sikap para budayawan lainnya. Jika tidak ada pernyataan maaf (dari Arteria), kami juga akan segera turun. Apakah dengan turut mendatangi, ataupun melayangkan pernyataan resmi,” pungkasnya.

Diberitakan pada sebelumnya, sikap Arteria Dahlan sendiri terjadi saat Komisi III DPR menggelar rapat kerja bersama Kejagung, Senin (17/1). Jaksa Agung ST Burhanuddin juga hadir dalam rapat tersebut, Awalnya, Arteria meminta agar jajaran Kejaksaan Agung bersikap profesional dalam bekerja.

“Saya minta betul kita profesional, saya sama Pak JA (Jaksa Agung) ini luar biasa sayangnya, Pak,” kata Arteria saat rapat kerja.(oz)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close