Regional

Sidak Pasar, Sudirman Pastikan Tak Ada Spekulan Harga Bahan Pokok

BIMATA.ID, Makassar – Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mekakukan inspeksi mendadak di Pasar Pabaeng-Baeng, Makassar, Jumat (24/12/2021).

Sudirman mengecek langsung harga komoditas seperti cabai, telur dan minyak goreng yang harganya saat ini melonjak.

“Mungkin ini karena suplai yang berkurang karena peralihan musim dan ada juga yang banjir, karena itu kami instruksikan untuk OP (Operasi Pasar) beberapa hari ke depan,” kata Sudirman.

Dia mengatakan, untuk membantu menormalkan kembali komoditi strategis cabai yang harganya sudah mencapai Rp85 ribu per kilogram, telur Rp55 per rak dan minyak goreng kemasan Rp40 ribu per 2 liter, maka semua wilayah yang harganya cukup tinggi segera dilakukan OP.

Pedagang daging di Pasar Pabaeng-Baeng Makassar. (Ist)

Soal kemungkinan ada permainan harga dari pihak tertentu, Sudirman menjamin itu tidak ada, karena tingginya harga itu masih sebatas keterbatasan pasokan dari sentra produksi cabai.

“Jadi itu hukum suplay dan demand saja,” imbuhnya.

Kakanwil VI Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Makassar Hilman Pujana mengatakan, sudah menelusuri jalur distribusi dari hulu hingga ke hilir ke tangan konsumen.

Menurut dia, kenaikan harga cabai dan telur yang naik itu semata-mata karena produksi yang menurun pada musim peralihan.

Hal itu dibenarkan Kapolda Sulsel Irjen Pol Nana Sujana yang turut melakukan pengawasan lapangan, agar tidak ada pihak penimbun.

“Kami memang dari awal sudah memetakan agar jajaran kami mengawal dan bersama pemerintah daerah melaksanakan OP pada saat lonjakan harga,” katanya.

(HW)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close