HeadlineRegional

Data Vaksinasi Tak Beres, Bupati Gowa Minta Plt Gubernur Sinkronisasi

BIMATA.ID, Makassar – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan meminta data cakupan vaksinasi antara kabupaten/kota dan provinsi disinkronkan.

Hal ini disampaikan Adnan dalam rapat koordinasi bersama Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dan Forkopimda Sulsel di Baruga Karaeng Patingalloang Rumah Dinas Wagub, Rabu (3/11/2021).

Adnan mengatakan, data cakupan vaksinasi yang dimiliki oleh Pemerintah Provinsi Sulsel berbeda dengan data yang dimiliki oleh beberapa daerah, salah satunya di wilayah Kabupaten Gowa.

“Data yang kami miliki sesuai dengan dasbor yang diberikan oleh kementerian dan ini juga yang dipegang oleh Polres dan Kodim. Tapi data yang disampaikan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel berbeda dengan yang ada di dasbor,” ujar Adnan.

Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. (Ist)

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) ini menyebutkan, bahwa saat ini cakupan vaksinasi Kabupaten Gowa untuk dosis pertama sudah mencapai 35,56 persen dan dosis kedua 22,27 persen. Sementara data yang dipaparkan Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel cakupan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Gowa baru mencapai sekitar 28,9 persen.

“Inilah yang menjadi pertanyaan karena sudah terjadi perbedaan data, antara data yang ada di dasbor dengan data yang dipaparkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi,” ungkapnya.

Makanya, dia berharap perlu ada sinkronisasi, sehingga selain meningkatkan cakupan vaksinasi, juga data bisa diperbaiki. Adnan menyarankan agar Pemerintah Provinsi Sulsel bisa melakukan pertemuan dengan seluruh Dinas Kesehatan yang ada di kabupaten/kota untuk melakukan sinnkronisasi data cakupan vaksinasi.

“Kami menyarankan agar melakukan rapat dengan seluruh kabupaten/kota untuk melakukan sinkronisasi data ini. Kita update datanya baru dibawa ke kementerian untuk dicocokkan dengan kabupaten/kota, sambil kita juga menggenjot cakupan vaksinasi,” tandasnya.

Sementara itu, Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman meminta agar persolan data ini bisa segera diselesaikan. Ia juga meminta seluruh kepala daerah di Sulsel untuk bersama-sama meningkatkan cakupan vaksinasi sesuai dengan arahan Presiden Jokowi.

“Intinya bahwa saya menginginkan bahwa dalam satu atau sepuluh hari kedepan itu semua sudah cocok datanya,” jelas Sudirman.

(HW)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close