BeritaEkonomiRegionalTravelUmum

Inilah Daftar 18 Stasiun LRT Jabodebek yang Akan Beroperasi Tahun Depan

BIMATA.ID, Jakarta- PT KAI resmi merilis daftar stasiun LRT Jabodebek yang ditargetkan beroperasi pada tahun 2022 mendatang. Sedangkan jumlah stasiun LRT Jabodebek yang disiapkan beroperasi tahun depan adalah sebanyak 18 stasiun. Stasiun-stasiun tersebut akan melayani pengoperasian sesuai dengan rute LRT Jabodebek.

Berikut adalah 18 stasiun LRT di Jabodebek :

1.Stasiun Dukuh Atas

2.Stasiun Setiabudi

3.Stasiun Rasuna Said

4.Stasiun Kuningan

5.Stasiun Pancoran

6.Stasiun Cikoko

7.Stasiun Ciliwung

8.Stasiun Cawang

9.Stasiun TMII

10.Stasiun Kampung Rambutan

11.Stasiun Ciracas

12.Stasiun Harjamukti

13.Stasiun Halim

14.Stasiun Jatibening Baru

15.Stasiun Cikunir I

16.Stasiun Cikunir II

17.Stasiun Bekasi Barat

18.Stasiun Jatimulya

VP Public Relations KAI, Joni Martinus menjelaskan bahwa stasiun LRT Jabodebek berada di lokasi-lokasi strategis mulai dari kawasan perumahan hingga kawasan bisnis. Tujuannya untuk memudahkan para penglaju untuk bertransportasi dari dan menuju DKI Jakarta atau wilayah lainnya.

Terdapat 2 tipe stasiun yang berbeda yaitu tipe Interchange Station yakni Stasiun Cawang dan Typical Station untuk 17 stasiun lainnya. Desain stasiun LRT Jabodebek dengan tipe Interchange Station terdiri dari 3 lantai.

Lantai 1 yaitu area boarding dan komersial, lantai 2 area peron, dan lantai 3 adalah area komersial. Sedangkan untuk tipe Typical Station terdiri dari 2 lantai. Lantai 1 adalah area boarding dan lantai 2 merupakan area peron.

“Stasiun Cawang merupakan Interchange Station dikarenakan merupakan stasiun persimpangan atau stasiun transit, Pelanggan dari stasiun Harjamukti yang ingin menuju ke arah Stasiun Jatimulya dapat berhenti dulu di Stasiun Cawang dan berganti kereta tujuan Stasiun Jatimulya, maupun sebaliknya,” kata Joni dalam keterangan resminya, Rabu (15/09/2021).

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close