Sains & Tek

Samsung Kuasai Pasar Smart TV Global, LG Nomor Dua

BIMATA.ID, Jakarta- Meski Xiaomi berhasil menggeser Samsung di pasar smartphone global pada periode Juni 2021 (data dari Counterpoint), namun mereka masih kalah jauh di pasar smart TV. Data riset terbaru masih mengukuhkan Samsung sebagai penguasa pasar TV secara global.

Avi Cloud (AVC) telah menerbitkan “Laporan Data Bulanan Pengiriman Merek TV Global” yang menunjukkan kinerja berbagai produsen TV pada semester pertama tahun ini.

Laporan menunjukkan bahwa sebanyak 98,3 juta smart TV telah dikirimkan sepanjang paruh pertama 2021. Statistik turut mengungkapkan peningkatan signifikan yang mengesankan terhadap permintaan TV OLED.

Pengiriman TV OLED mencapai 2,7 juta unit, di mana ini mewakili peningkatan YoY sebesar 133,3 persen. Samsung berhasil mengungguli semua pesaingnya dengan mengirimkan hampir 20,8 juta unit smart TV. Jumlah ini merupakan peningkatan 11 persen dibandingkan tahun lalu.

LG berada di tempat kedua dengan 13,1 juta unit sementara TCL ada di peringkat ketiga dengan pengiriman 11,4 juta unit. Xiaomi berada di urutan kelima dalam daftar, diikuti oleh Sony, Phillips, dan pemain lainnya.

Dikutip dari Gizmochina, ini adalah tahun ke-15 di mana Samsung berturut-turut mempertahankan posisi nomor satu sebagai penguasa pasar TV secara global.

Laporan Sam Mobile, Xiaomi yang mengandalkan smart TV ramah anggaran tertinggal jauh pada peringkat kelima dengan mencatatkan 5,4 juta unit smart TV.

Xiaomi bersaing ketat di pasar smart TV murah di mana mereka berhasil dikalahkan oleh rekan senegaranya, TCL dan Hisense. Pengiriman TCL menunjukkan peningkatan tahun ke tahun (YoY) sebesar 13,6 persen.

Hisense mengirimkan sekitar 8,4 juta unit yang mewakili peningkatan tahun ke tahun sebesar 5,5 persen, sehingga menempati posisi nomor empat.

Hegemoni Samsung dan LG atas segmen smart TV kelas atas merupakan pembeda mereka dari pesaingnya. Samsung berhasil memanfaatkan reputasi merek untuk menggaet pasar smart TV di kelas premium.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close