BeritaEkonomiHeadlinePolitik

Presiden Jokowi Ingin Ekspor Buah Ditingkatkan

BIMATA.ID, Jakarta – Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) menilai, buah lokal memiliki potensi besar untuk bersaing di pasar internasional. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini pun meminta, para pedagang mulai memutar otak agar dapat bermain di kancah internasional.

“Untuk bisa masuk pasar internasional kuncinya hanya satu, buah nusantara harus makin berdaya saing, baik dari sisi harga maupun kualitas. Harganya harus kompetitif, cita rasanya terjaga, pasokannya berlanjut, produksinya tidak pernah putus, packaging-nya juga menarik,” kata Jokowi, melalui telekonferensi di Jakarta, Senin (09/08/2021).

Jokowi mengatakan, buah lokal Indonesia digemari masyarakat internasional. Pasalnya, Indonesia sudah mengekspor mangga, nanas, pisang, dan manggis ke berbagai negara. Hal ini membuktikan buah Indonesia disukai orang luar.

Presiden menilai, buah lokal adalah tambang emas yang belum dikeruk. Jokowi ingin penjualan buah Indonesia di kancah internasional lebih ditingkatkan.

“Kita ingin mengekspor lebih banyak lagi aneka buah-buahan nusantara. Sehingga, buah Indonesia juga digemari oleh masyarakat di berbagai negara,” tandasnya.

Kepala Negara juga ingin merombak ekosistem usaha buah nusantara dari hulu sampai hilir. Mantan Wali Kota Surakarta ini ingin, pedagang buah diberi ilmu tambahan untuk meningkatkan produktivitas jual, terutama soal penjualan ke luar negeri.

“Akses pada permodalan juga harus diperkuat, teknologi penyimpanan harus semakin baik, supply chains juga harus semakin efisien, konektivitas antar daerah, dan juga untuk ekspor buah juga harus semakin lancar,” pungkas Jokowi.

Tidak hanya itu, Jokowi ingin, pedagang buah mahir menggunakan teknologi agar penjualan dilihat negara lain. Strategi marketing lama harus dibuang agar buah Indonesia bisa bersaing di kancah internasional.

Pengetahuan tentang sistem dagang dan manfaat buah harus ditanamkan kepada anak sekolah. Jokowi ingin, anak-anak mulai menyukai buah lokal dan penjualan bisa meningkat.

“Sampaikan terus menerus sebagai bagian dari edukasi keluarga dan juga komunitas, sehingga menjangkau anak-anak kita agar generasi muda semakin mencintai buah-buahan lokal,” ujarnya.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close